Gak Disangka, Makanan Yang Katanya Berbahaya Buat Kucing, Ternyata Manfaatnya Ajaib Loh!


Kucing-kucingku lagi menikmati makan


Kamu pernah baca ataupun sekedar dengar, makanan-makanan yang dilarang dan berbahaya untuk dimakan oleh Kucing, nah--ini adalah tulisan sederhanaku tentang hal tersebut.

Karena menurut pengalamanku selama ini dalam memelihara Kucing, makanan yang katanya berbahaya itu malah berguna banget buat Kucingmu, dan manfaatnya ajaib, bikin Kucing berstamina, napsu makannya pun meningkat, serta bikin Kucing memiliki kekebalan tubuh lebih baik dengan penyakit.

Ini dia, makanan yang katanya berbahaya, padahal bagus banget buat Kucing,

1. Bawang Merah dan Bawang Putih


mereka paling suka ikan kuah pindang,  nyummy 🌷🍓


Aku sedikit kaget, ketika dulu membaca sebuah artikel yang menyatakan, jangan memberikan bawang merah dan bawang putih pada makanan Kucing , karena katanya bisa menyebabkan Kucing keracunan.

Iya, kalau dikasih secara mentah, siapa aja gak suka--aku aja kadang gak suka dengan baunya--Cuma kalo di masak, khasiatnya bagus banget buat Kucing,

Soalnya dari dulu, kalau aku lagi masak di rumah dan bikin masakan yang ada bawangnya pasti dikasih ke Kucing, karena Kucingku pengen makan, ketika aku dan keluarga makan bareng.

Biasanya yang kami kasih itu, Lauk yang di bumbui yang terdiri dari Bawang Merah Bawang Putih yang di blender misalnya Ikan Gabus Bumbu Merah-nya Nasi Kuning, atau Ayam Kareh--yang bumbunya ada Bawang Merah dan Bawang Putih.

Bahkan, bukan hanya karena kebetulan ada masak bumbu Bawang Merah dan Bawang Putih saja untuk panganku, tetapi memang di khususkan untuk makanan Kucing, agar Kucing lebih sehat dan imunitasnya lebih bagus, yaitu aku suka bikin Ikan Kuah Pindang, dengan Bumbu Bawang Merah dan Bawang Putih, Serai, Kunyit.  Duh Kucing senang banget makannya.

bahkan nambah, hehehe.

ini ikan pindang dengan piring ketiga,  dan baru ingat kuphoto,  hehe


Sehat juga buat Kucing, karena makan Ikan Rebus dengan Rempah-Rempah yang luar biasa untuk kesehatannya dan daya tahan tubuhnya agar gak mudah sakit.

Baca Juga : Merawat Anak Kucing

Keren khan? kenapa harus gak di bolehin makan Bawang Merah dan Bawang Putih untuk makanan Kucing-Kucing kita, karena manfaatnya ajaib antara lain : Meningkatkan Imunitas Tubuh, Meningkatkan Kesehatan Tulang, Meningkatkan Sirkulasi Darah di Tubuh dan Membuat Napsu Makan Meningkat. 

Wah, keren banget!, ini mah bukan berbahaya, tapi bagus pisan euy buat Kucing-Kucing kesayangan kita, sudah mudah didapatkan, alami lagi dan bebas bahan kimia, wah wajib banget nih bikin pasokan Bawang Merah dan Bawang Putih setiap kali ke Pasar, hehehe




2. Tulang


Tulang itu adalah makanan kesukaan Kucingku 🌸


Dulu aku juga mikirnya gitu, tulang gak bagus buat Kucing, karna salah satu pesan Mamaku, yang paling aku ingat--kalau memberi makan Kucing, usahakan jangan ada tulangnya, kasihan mereka bisa ketulangan.

Jadi, aku gak pernah ngasih Kucing tulang, namun ketika aku membaca sebuah buku keren banget deh_-judulnya : Buku Pegangan Bagi Pemilik Kucing ( The Cat Owner's Handbook), dari Penulis yang namanya : Graham Meadows dan Elsa Flint  Tentang Nutrisi yang dibutuhkan untuk makanan pada Kucing yaitu Tulang sebagai sumber Mineral paling penting terdiri dari Kalsium  dan Fosfor untuk pembentukan dan pertumbuhan pada Gigi dan Tulang, serta pembentukan Otot, Ligamen, Kulit, Rambut dan Pembentukan Sel Darah Merah dan Sel Darah Putih.

Ini Nyut-nyut lagi berphoto dengan buku keren 🌷🍓


Ditulis disana, Mineral bisa ditemukan pada Tulang Ikan atau Tulang Ayam.

Baca Juga : Nutrisi Kucing

Wah, setelah baca itu, aku jadi sering memberikan Kucingku Tulang Ikan dan Tulang Ayam, caranya gini dear--pilih Tulang Ikan yang kecil, jangan dikasih Tulang Ikan Tuna, Tongkol , Trakulu, Kakap ataupun Ikan besar lainnya.

Cari Tulang yang kecil-kecil tapi ketika direbus akan lemah, dan mudah ketika kamu potong-potong.

Hah? dipotong-potong? hehehe

Iyap, Tulang Ikannya di potong-potong kecil dear, potong pake gunting dan di taburi di makanannya, kalau Kamu gak mau memotongnya, Kamu bisa Fresto tulangnya agar lembek dan mudah di cerna.

Kalaupun tidak bisa di fresto, karena gak ada panci frestonya, direbus lama aja dear, nanti agak sedikit lemah, dan potong-potong, Aku rekomendasikan : Ikan yang bagus buat dimakan sama Tulang-Tulangnya itu adalah Ikan Sarden, Ikan Layang, Ikan Kembung, Ikan Teri, Ikan Sepat, Ikan Gabus yang Kecil, Ikan Lele, Ikan Nila , Ikan Mujair, Ikan Mas, 

Hindari Tulangnya Ikan Patin, Ikan Bawal, Ikan Besar yang memiliki Tulang yang besar. Dan susah dipotong dengan gunting serta susah dicerna sama Kucing-Kucing kesayanganmu.

Kalau mau memberi Tulang Ayam, kasih Ceker (Kaki) Ayam saja, yang sudah direbus matang, khan Tulang Jari Ayamnya bisa dimakan, bahkan Tulang sebenarnya kalau di rebus lama, bisa dimakan oleh Kucing dan Kucing akan senang karena menikmatinya.

Aku suka memberi Kucingku Ceker (Kaki) Ayam dan Tulang Ayam yang masih ada sedikit dagingnya seperti bagian Sayap, dan Leher, wah lahap banget makannya, kaya gak kenal sama kanan kiri--pokoknya kalau makan Tulang-dunia milik sendiri jadinya, hehehe

Sedap betul memang tulang ini, aku aja dulu waktu kecil Saat tinggal di Yogya--suka banget sama Tulang Ayam yang di bumbui sate, soalnya itu jajanan yang paling aku suka, enak pake banget, apalagi Kucing kesayangan kita, duuuhh.. berebut deh, kalau disuguhi hidangan yang ada Tulangnya, hehehe


3. Ikan Mentah


Kucingku lebih memilih Ikan Mentah dibanding dryfood, hehe🍓🌷


Sering banget  aku baca tulisan bahwa Ikan Mentah itu bahaya banget buat Kucing karena bisa bikin Kucing kejang-kejang dan bisa mengalami kematian, masa iya sih?.

Terus, kenapa Kucing-Kucing di pasar--sehat-sehat dan gendut-gendut, padahal makannya Ikan mentah saja, hehehe

Apalagi kebiasaan Orang Jepang yang imunnya bagus, otaknya cerdas, suka banget makan Ikan Mentah--bahkan aku pernah liat--dia langsung Mancing Ikan di Laut, lalu di makan mentah-mentah, dia bilang enak.


Baca Juga : Makanan Kucing Terbagus

Nah dari situlah, aku bikin uji coba buat Kucing-Kucingku, ternyata mereka suka banget dan lahapnya bukan main, karena pada dasarnya--Kucing itu nalurinya memburu Hewan-Hewan di sekelilingnya, dan bahkan dia memakan Hewan itu bisa dengan hidup-hidup.

Misalnya seperti Serangga, Semut, Cicak, Tikus , Kecoa-- mereka makan mentah dan bisa hidup-hidup, karena Kucing memang terbiasa hidup di alam dan mencari makanannya dengan berburu.

Selain itu, manfaat Ikan mentah juga banyak untuk kesehatan Jantung, nutrisinya juga lengkap--soalnya yang namanya Protein--akan hilang kalau di panaskan atau di masak, jadi kalau kata dr.Zaidul Akbar, makanan yang paling bagus itu adalah makanan yang mentah, nutrisinya lengkap dan tidak terbias karena pemanasan pada proses masak.

Jadi Ikan mentah ajaib banget, nutrisi penuh dengan Omega 3 untuk fungsi Jantung yang baik, serta memperkaya Oksigen untuk mengalir ke darah, wah mantap banget khasiatnya.

Apalagi Kucing kecilku, yang nama Harimau, wuiihh suka banget sama Ikan mentah--bisa sekali makan 3 biji-Ikan Layang yang sedang, hehehe

Biar kecil, kalau soal makan, jangan di remehkan, semakin mentah malah dia suka, sedangkan Ikan yang di rebus--dia gak doyan, makanya Kitten ku itu paling cerdas, suka mainan Handphone, loncat ke jendela tanpa bantuan siapa pun, paling lincah kalau mainan.

Ikan mentah tiada duanya deh, Kucingku suka banget!


4. Buah Durian


doyan pisan makan durian 😅🌷


Banyak Kucing yang tidak suka dengan Buah Durian, bahkan menjauhinya, bisa bikin Kucing muntah juga mencium baunya, hehehe.

Tapi beda dengan Kucingku, yang namanya Beruang. duh dia suka banget sama Durian, bahkan ketagihan. cuma gak banyak, cuma 1 buah aja, dia makan kaya enak banget, serasa makan Daging--aku loh yang liat, jadi ngiler, hehe


Baca Juga : Kucing Makan Buah

Jadi boleh aja Kucing makan Durian, tapi yang wajar aja, karena sesuatu yang berlebihan khan gak bagus juga, jadi kasihnya sedikit aja, karena dia khan kasihan juga kalau ngeliat kita makan, dia gak dikasih, hehe.

Buat cemilan sehat dan enaknya ^_^

Dan Lagi durian itu berguna banget khasiatnya untuk anemia (Kurang darah) , pencernaan serta tinggi dengan Antioksidan, Serat yang banyak, Kalium yang melimpah untuk menjaga kesehatan Pembuluh Darah serta tinggi Karbohidrat.


5. Nasi



Ade O doyan banget makan nasinya,  sampe lupa sama mama didepan,  dicuekin,  hihihi

Ini juga sering aku dengar, katanya tidak boleh memberi makan kucing dengan nasi, karena bisa bulunya rontok dan PUPnya encer,

Setahuku, Kucing itu bulunya memang pasti rontok, karena mudah lepas dan lembut, sebagus apapun kita merawat Kucing, bulu kucing pasti akan rontok, bahkan kalau kamu suka nonton Channel Youtube Milik Cream Heroes Asal Korea Selatan, 7 Ekor Kucing-Kucingnya yang sudah di rawat sebaik mungkin, meninggalkan banyak bulu yang rontok dimana-mana.

Jadi itu adalah sebuah alasan kuat, bahwa Nasi bukan penyebab bulu Kucing rontok, dan kalau PUP kucing encer, itu berarti banyak faktor bukan karena nasi saja, bisa karena minumannya, karena tempat tinggalnya, karena sanitasi lingkungannya dan karena kucing itu stress, 

Kalau Nasi dijadikan sebagai biang kesalahan, kenapa coba--Orang-Orang Zaman dulu di Indonesia tepatnya, lebih suka memberikan makanan dengan campuran Nasi dan Ikan, ketika makanan kering untuk Kucing belum populer.

Ponakan bungsuku lagi makanin kucing 🐱 🍓🌷


Selain tinggi Karbohidrat , Nasi juga bikin Kucing jadi kuat berenergi setiap hari, bahkan Mamaku--ketika aku kecil, memberi khan Kucingku dengan nasi dicampur Kecap dan sisa Perut Ikan, Kucing-Kucingku Sehat, Lincah dan Gemuk-Gemuk.

Soalnya ternyata di dalam Nasi mengandung banyak nutrisi, antara lain seperti Kalsium, Zat besi, Vitamin D serta memiliki Zat Antioksidan yang tinggi untuk menjaga kesehatan Jantung.

Wah banyak banget manfaatnya Nasi, Kucingku saja suka sebagai makanan selingan--kalau mereka bosan dengan makanan kering--soalnya Kucingku--Gusinya suka bengkak, kalau keseringan makan makanan kering, jadi makan Nasi adalah cara terbaik buat memberikan hidangan lezat di campuran Ikan ataupun Lauk untuk Kucingku



6. Kuning Telor Mentah


Kuning telor mentah itu,  kesukaan kucingku banget 🍓🌷


Kucingku kalau lagi sakit, selalu aku kasih Kuning telor mentah-- alhamdulillah besoknya pasti sembuh dan berenergi lagi. Bahkan dirumah sering dijadikan multivitamin alami untuk penambah stamina Kucing-Kucingku biar gak gampang kena Virus dan Penyakit.

Kucingku yang suka Kuning Telor itu ada yang namanya Kitten Harimau sama Chettah, duh suka banget sama Kuning Telor, kalau aku lagi masak di dapur--pasti deh, mereka dekat-dekat dan pengen minta Kuning Telor,

Badannya yang biasa lesu, karena habis flu--jadi lincah dan sering aktif dirumah, Kuning Telor Mentah ternyata bagus buat Kesehatan Kucing, jadi kalau ada yang bilang Kuning Telor Mentah itu adalah makanan Kucing yang berbahaya karena bisa bikin Kucing muntah dan keracunan--ternyata bermanfaat banyak buat Kucingku

Baca Juga : Resep Obat Flu Alami Buat Kucing

Ternyata kandungan Kuning Telor banyak banget khasiatnya, bahkan memiliki Vitamin yang melimpah, kaya Mineral , baik untuk Kesehatan Mata dan Kesehatan Jantung, pantas saja--Kucingku bisa sembuh secepat kilat, kalau dia lagi mogok makan dan gak enak badan, keren pisan euy Kuning Telor ini ^_^


7. Rumput Liar
Ini Oyen, Namanya Mocha--suka banget dengan rumput liar di depan rumah ^_^


Nah, ini adalah salah satu tanaman yang sangat ditakuti oleh pemilik Kucing, karena katanya rumput liar itu bikin Kucing bisa muntah, beracun dan tidak higenis karena banyak debu polusi. akhirnya Kucing dilarang makan Rumput dan tidak diperbolehkan bermain di luar Rumah.

Tapi tidak dengan Kucing-Kucingku, mereka suka makan Rumput liar , bahkan membantu pencernaannya untuk mengatasi Hairball, mengeluarkan bulu-bulu didalam badannya agar napsu makannya meningkat, dan berenergi.

Baca Juga : Kucing Doyan Rumput

Mantap pisan ini, jadi kalau ada yang bilang Rumput liar itu gak bagus buat kucing, bisa dipastikan tidak benar--karena kucing-kucingku dari dulu suka sama rumput liar yang hijau, bahkan mereka terlihat doyan sekali memakannya.

Biasakan Kucing mengenal Alam,  karena dari sana mereka berasal 🌷


Soal higenis dan tidak higenis--biarkanlah Imun didalam tubuh Kucingmu yang melawan virus yang jahat di badannya, buktinya Kucingku yang didalam Rumah sama yang di luar rumah--beda ketahanan kekebalan tubuhnya, lebih sehat yang di luar Rumah, badannya bersih, gak ada kutu satupun , keren khan?, 

sedangkan Kucingku yang didalam rumah, lebih sensitif--karena dari kecil memang selalu dirumah, jadi ketika di bawa keluar--langsung aja gak enak badan, dan Kutunya banyak banget, hehe--jadi setiap seminggu sekali aku kasih treatment merontokkan Kutu dengan Minyak Zaitun dan Minyak Kelapa. 

Baca Juga : Menghilangkan Kutu Kucing

biasanya rumput liar aku ganti dengan tanaman sayur kangkung dan rempah Daun Serai untuk cemilan Kucing-Kucingku di dalam rumah.

ini di perkuat dengan kata-kata dr.Zaidul Akbar, bahwa Anak-Anak yang hidupnya tidak higenis biasanya kekebalan tubuhnya lebih bagus dari Anak-Anak yang biasa hidup higenis, jadi santai saja, bawa prasangka baik kalau imun kekebalan tubuh kucing kita itu lebih bagus dari Bakteri jahat yang mau masuk ke dalam tubuh.

Baca Juga : Tanaman Bagus Yang Dimakan Kucing

Nah,  Inilah Beberapa Jenis Makanan yang katanya berbahaya buat Kucing, yang ternyata manfaatnya ajaib banget--sungguh di luar dugaan, seperti kejutan yang indah,

Semoga bermanfaat ya dear, salam manis buat Kucing-Kucingmu



Sumber Bacaan :


  1. Blog.regopantes.com (Manfaat Bawang)
  2. Idntimes.com/ (Manfaat Ikan Mentah)
  3. dr. Zaidul Akbar ( Protein Yang Bagus Tanpa Dipanaskan)
  4. Youtube Tentang Kucing Makan Durian
  5. alodokter.com (Manfaat Durian Buat Tubuh)
  6. Food.detik.com (Manfaat Nasi Untuk Tubuh)
  7. Youtube Cream Heroes (Kucing Berganti Bulu)
  8. Hellosehat.com (Manfaat Kuning telor )
  9. Kaskus.co.id (Kucing Wajib Makan Rumput Hijau)
  10. dr. Zaidul Akbar ( Tidak Higenis Lebih Mempunyai Kekebalan Tubuh)
  11. Buku Pegangan Bagi Pemilik Kucing ( The Cat Owner's Handbook),  by Graham Meadows dan Elsa Flint  

 




Tenggarong, 31 Desember 2019


Your Best Friend Forever



Rohana Permata Sari



Comments