Tanaman Dalam Rumah Yang Aman Buat Kucing






Ketika kita memelihara kucing,  kita jadi enggan untuk bertanaman didalam rumah.  Karena takut kucing bisa memakan daun-daun tanaman kita dan menyebabkan dia mengalami keracunan dan memiliki penyakit yang serius

Tapi kali ini,  kamu tak perlu khawatir.  Karena ada tanaman yang mudah ditanam di dalam rumah,  yang kucing suka serta aman bagi kebiasaanya yang pengen tahu segala hal yang ada di dalam rumah termasuk tanaman-tanaman barumu.

Dibawah ini,  salah satunya :

a.  Daun Bawang

Kamu bisa menanam daun bawang loh di dalam rumahmu khususnya di dekat dapurmu,  agar kamu mudah menggunakannya ketika kamu ingin masak.

Daun bawang ini kamu tanam dengan cara memanfaatkan kembali bekas sayuran yang kamu makan,  misalnya kamu membeli daun bawang di bawah yang warna putih tempatnya akar,  sisa daun bawangnya jangan di buang.  Karena sisa daun bawang itu--bisa kamu gunain buat sumber panganmu dan sumber iseng-isengnya kucingmu memakan daun-daunnya.

Aku sering bikin tanaman daun bawang di dapurku,  dan kalau kucing-kucingku penasaran--mereka akan menciumi daun bawang itu atau bahkan memakannya.  Hehehe.

Daun bawang juga bisa didapatkan dari menanam umbi bawangnya di bekas karton telor,  caranya : karton telor ambil 5 buah,  tumpuk,  lalu bolongin sisi yang biasa naruh telor,  itu untuk bawangnya tumbuh.  Nah terus basahin semuanya.  Jangan lupa taruh wadah di bawahnya,  agar airnya tidak tumpah di lantai.  Dan karton telornya bisa di angkat-angkat. Taruh di tempat sejuk misalnya di dapurmu.

Kalau sudah tumbuh,  kucing-kucing pasti suka,  Si Trio Kwek-Kwek ( kucing liar punya tetangga)  suka mampir ke rumah,  selain kepo makanan didepan rumahku juga pengen ngemilin daun bawangnya aja,  hehehe

daun bawang ini selain bisa kita panen kapan saja,  kucing juga suka buat ngemilimnya dan suka mainan dengan daun-daunnya.  Ini gambar daun bawang yang sudah aku pindahkan dari tempat yang sejuk ke tempat disinari matahari di halaman rumah


b.  Daun Kangkung


Kamu bisa tanam kangkung dari sisa sayuran yang kamu pakai buat masak sayur kangkung.  Caranya potongan akar kangkung jangan dibuang,  masukkan ke dalam air.  Dan setiap hari kamu ganti airnya.  Daun kangkungnya bakalan tumbuh.  Dan daunnya itu bisa jadi kesukaan kucingmu loh.  Bagus buat pencernaannya dan untuk mengeluarkan bulu-bulu yang sudah masuk kedalam tubuhnya (hairball).

Ini kangkungnya yang sudah tumbuh besar di halaman rumah,  ini dari sisa makanan sayur dirumah--nah tanaman ini yang paling suka di makanin sama kucing garong hidung pesek,  hehehe.  Ini tanaman kangkungnya aku campur dengan daun bawang. 

C.  Daun Seledri

Cari daun seledri yang ada akarnya.  Bisa kamu beli di mall atau di pasar.  Cuma kemarin--aku nemunya di Mall.  Nah sisa akarnya seledri jangan di buang--bisa kamu gunain untuk menumbuhkannya lagi,  kucingku suka loh sama daun seledri,  mungkin karena bau daunnya yang enak dan menyengat.

Sumber  Screenshot : www.17apart.com dikutip www.merdeka.com

Daun seledri yang masih ada akarnya bagus untuk ditanam kembali,  masukkan didalam air,  setiap hari diganti airnya secara rutin


d.  Daun Selada



Selada itu Favorit kucingku banget deh ๐ŸŒธ

    Daun selada selalu bikin kucingku ketagihan makan sayur.  Dan menanamnya juga gampang dan murah.  Yaitu dengan memanfaatkan sisa limbah dapur ketika beli Selada.  Potongan daunnya bisa di masukkan di dalam gelas yang ada airnya,  sama seperti sayur-sayuran diatas--airnya selalu diganti setiap hari--menghindari pembusukan batang.




Sumber : www.17apart.com,  dikutip www.merdeka.com

Ini adalah gambar daun bawang,  daun selada dan sawi putih.  Sayuran yang bisa dipakai untuk pangan juga disenangi kucing-kucing dan aman buat mereka cemilin--bagus buat serat dan pencernaan mereka.


Nah,  itu 4 Tanaman yang gampang kamu tanam di dalam rumahmu,  dan aman buat kucing.  Selain bisa kamu pergunain,  kucingmu juga akan senang dengan kehadiran tanaman-tanaman tersebut.

Selamat menanam ya!



Tenggarong,  17 November 2019

Your Best Friend Forever

Rohana Permata Sari

Comments