Hal Penting Ini Yang Harus Kamu Lakuin Biar Kucingmu Gak Gampang Sakit, No. 3 Wajib banget!



Ini Gambar Piko,  Kucing Cerdasku yang luar biasa,  Tulisan ini hadir karena kangennya aku dengan dia 🌷



Sebagai orangtua buat kucing-kucing kesayanganmu,  kamu tetap harus memikirkan hal-hal penting yang harus kamu lakukan agar kucingmu tidak gampang sakit.  Karena kalau mereka sakit,  kamu juga yang akan repot dan hal-hal ini memang terlihat sepele,  tapi sangat penting bagi kesehatan anak-anak bulu-mu di rumah.

Pantengin ya.

1. Jangan Taruh Di Luar Rumah
Kucingmu sebisanya jangan di taruh di luar rumah,  karena di luar rumah itu banyak sekali virus-virus yang beterbangan--mulai dari debu,  bau yang kurang enak,  kotor serta tidak aman dari hewan-hewan yang suka memakan daging seperti ular,  dan biawak. Apalagi kalau hujan--kucingmu akan kedinginan dan akan terserang penyakit flu maupun demam. Belum lagi--kalau ada kucing garong yang tidak suka kehadiran kucing-kucing baru di wilayahnya,  ini bisa berakibat fatal untuk hidup kucingmu.  Jadi jangan di taruh diluar ya dear!




Photo diatas Ini adalah Bedjo Habis Sakit (yang matanya kebuka)  bareng ade O yang suka manja Padahal Jarang Bedjo sakit,  tapi karena kemarin dia pengen keluar rumah--jadi aku keluarin--padahal sebentar saja--pas sehari sehari setelah keluar rumah--dia sakit dan gak mau makan.  Sehabis itu,  dia gak pernah lagi--aku bolehin keluar rumah,  karena rentan badannya sama virus.

2. Harus Rajin Bersihin Litterbox Kucingmu
Kucing paling rentan banget terserang virus dari poop-nya,  jadi kalau bisa secepatnya dibersihkan--dan sesering mungkin--agar udara tempat dia berada tidak bau,  dan dia bisa nyaman.  Ini memang terdengar sederhana.  Tapi kalau kamu--rajin membersihkan litterboxnya--stamina kucing akan terjaga karena moodnya bagus dan tidak terinfeksi virus-virus.
Kalau aku selalu mengupayakan litterbox kucingku bersih seperti layaknya hotel kucing,  bersih,  diberi deodorant  powder (oiya--di blog ini ada DIY Bagaimana Membuat Deodorant Powder  buat litterbox) --kamu bisa baca disana--dan bisa beri pasirnya deodorant bikinan mu sendiri,  selain murah--kamu juga selalu bisa menyediakan cepat untuk kebersihan litterbox kucingmu.


Litterbox yang kotor,  harus segera di bersihkan

Baca Juga : 

3. Selalu Rutin Potong Kukunya
Kegemaran kucing itu adalah menggali pasir ketika ia ingin poop,  karena seringnya menggali--kuku kucing bisa kotor dan di penuhi pasir bekas kotorannya--jadi kalau kamu tidak rutin memotong kukunya,  hal ini bisa berakibat fatal untuk kesehatan kucingmu,  karena sumber penyakit banyak masuk dari kuku tangan dan kaki kucingmu.  Jadi harus selalu kamu upayakan membersihkannya.  Sebelum di potong kukunya.  Kamu bisa bersihkan menggunakan tissue basah,  dan gunting kukunya beli yang khusus kucing di petshop terdekat.


ini Tangan dan kaki chettah,  harus setiap waktu di bersihkan



4. Minumkan Vitamin B Complex Setiap Hari
Meskipun kucingmu makannya lahap,  bermainnya lincah dan gesit.  Kamu tetap harus memberikan asupan vitamin B Complex untuk kesehatan tubuhnya,  agar tidak gampang berkurang napsu makannya.  Karena kucing yang napsu makannya rendah--adalah indikasi kucing tersebut mempunyai masalah penyakit didalam badannya.  Dan kebiasaan kucing--dia kalau sakit--sering tidak terlihat kondisi fisiknya.  Namun sangat kentara ketika ia tidak napsu makan.  Bisa dipastikan kesehatannya menurun.



Ini saat aku meminumkam obat vitamin B complex sama Atat,  kucing hitamku yang kemarin dulu
 berkurang napsu makannya
Sumber : Channel Youtube Rohana Permata Sari



Baca Juga :   Obat-Obatan Yang Harus Ada Dirumah Buat Kucing


5. Berikan Udara Yang Segar Dan Tidak Hampa
 Ketika kamu ingin memelihara kucing,  pastikan kamu bisa menyediakan lingkungan yang bersih dan udara yang segar serta tidak hampa.  Karena udara itu penting untuk kenyamanan kucing kesayanganmu.  Karena ada kisah seorang teman--kucingnya terkena virus distemper--karena ia menaruh kucingnya di kamar tanpa kipas angin atau AC dan dibiarkan tanpa di buka jendelanya,  serta ditinggalkan hampir semingguan,  meski ia meninggalkan banyak makanan buat kucingnya--tapi udara yang kucingnya dapatkan tidak segar dan hampa,  maka-nya kucingnya terserang virus yang mematikan buat kucing yaitu distemper.
Jadi usahain udara yang didapat kucingmu segar,  aku rekomendasikan kamu bisa buka seluruh jendelamu--dan beri kawat agar kucingmu tidak keluar atau kalau di dalam kamar--kamu bisa beri kipas angin atau AC dengan volume 28 derajat untuk kamar 4x3 atau ruangan besar dengan volume di bawah 25 derajat.

Karena menurut rekomendasi dokter hewanku,  kucing jangan diberi volume AC diatas 25 derajat,  karena bisa kedinginan dan terserang penyakit flu.

Pemandangan di luar jendela--selalu menjadi hiburan terindah untuk kucing,  dan ini tatam--yang suka dengan udara segar serta pemandangan ikan-ikan di bawah kolam samping rumahku

Baca Juga : Cara Bikin Rumahmu Bebas Bau Kotoran


Nah,  inilah 5 hal penting yang kamu harus lakuin untuk menjaga kesehatan kucingmu agar tidak gampang sakit.

Meski terlihat sepele,  tapi hal-hal ini penting banget.  Jangan sampai di lupain ya!





Tenggarong,  23 November 2019

Your Best Friend Forever

Rohana Permata Sari

Comments