Siapa Bilang, Pake Pasir Kucing Itu Mahal!





Kalau kamu sudah bisa bikin kucingmu buang kotoran sendiri di pasir,  berarti kamu udah sukses banget.  Karena bagusnya--kucing memang punya toilet pasir sendiri.  Karena memudahkannya memiliki privasi.  Gak suka diganggu--disaat mau membuang kotoran.

Dibanding kamu mengajari belajar membuang kotoran di dalam toilet.  Karena toilet itu gudangnya penyakit loh dear.  Dan kalau gak di bikin kering setiap waktu--kucing bisa terinfeksi virus di Toilet tersebut.

Jadi kalau kamu memang mau melatih kucingmu buang kotoran di toilet,  usahain selalu bersih lantainya.

Nah,  cara terbaik membantu kucing membuang kotorannya dirumah melalui pasir khusus kucing.  Yang kebanyakan orang bilang,  pakai pasir kucing itu boros banget. Padahal naluri sebagai kucing--di alam bebas--dia membuang kotoran juga memakai pasir.

Namun bukan pasir gumpal atau pasir lainnya yang spesial di jual di petshop.  Itulah yang bikin pendapat--kucing menggunakan pasir itu mahal dan merepotkan

Nyatanya--pasir kucing itu yang membantu kita untuk bikin kucing bisa mengeluarkan naluri buang kotorannya.  Soal mahal--itu relatif.  Usahain aja--tidak gampang bilang mahal. Tapi suatu hari--kita bisa membelinya--jika memang sudah waktunya.

Tumben ya.  Kali ini,  curcolku sedikit panjang.  Cara untuk bikin pasir kucing gak bikin mahal malah ditaruh di belakang,  hehehe.

Sengaja ya dear.  Biar kamu terus baca blog mungil ini 🌷

Ini dia,  cara-cara sederhananya,  pantengin ya!

1. Beli Pasir Yang 20-an Kg

     Kenapa harus beli pasir yang 20 -an kg? --karena ini adalah berat yang ditengah-tengah,  tidak sedikit dan tidak terlalu banyak.  Kalau kamu beli yang 10 kg--sedangkan kucingmu lebih dari 5--itu cukupnya 3 harian saja.  Tapi kalau 20-an kg--bisa cukup sampai 2 minggu.  Nah kalau kamu beli yang 35 kg--selain kebanyakan--harganya juga bisa dibilang tidak murah.  Jadi pilih yang ditengah-tengah saja.  Yaitu pasir 20-an kg,  merek yang aku suka beli dan harganya terjangkau,  itu merek TOP.  Merek baru yang dipromosikan sama Baim Wong.  itu pasir yang harganya relatif aman,  kualitas pasirnya bagus dan bisa menggumpal.


2. Pilih Pasir Middle Premium

     Jangan karena pengen menghemat.  Jadi kamu beli pasir yang paling murah banget.  dan susah menggumpalnya,  sekali pakai aja sudah rusak pasirnya.  Ini malah boros loh dear.  Karena kamu harus langsung buang setelah kucing memakainya dalam satu hari.  Beda ketika kamu membeli pasir yang middle premium.  Kualitasnya hampir mirip yang premium seperti pasir conform.  Yaitu Pasir Middle Premium Seperti markotop,  Top,  maxi,  economic pack,  sand king.
     Nah pasir-pasir middle premium,  bisa bikin kamu lebih berhemat.  Karena bisa kamu gunain pasirnya lebih dari seminggu dan di reffil setiap hari dengan 1 kaleng pasir yang baru setelah kamu membersihkan kotoran kucingnya

3. Beri Bedak Bayi,   Dan Baking Soda

    Pasir yang sudah kamu beri bedak bayi--beda banget dengan pasir yang tidak kamu kasih.  Hemat pasirnya lebih yang kamu beri bedak bayi.  Karena wangi dan keutuhan kering pasir masih banyak.  Bedak bayi juga bagus untuk wangi aroma disaat kucing menggali pasir.  Ini bisa bikin kamu lebih tidak boros menggunakan pasir kucing. Jangan lupa tambahkan  baking soda--berguna untuk menetralisir bau--dan wangi bedak bayinya yang tercium saat kucing menggali pasir.





4. Jemur Pasir Setelah DiBersihkan

     Cara yang keenam ini adalah cara mudah untuk menghemat pasir.  Setelah kotoran kucingnya di bersihkan.  Jemur Pasirnya. Di saat matahari panas terik sekitar 30 Menit.


Pasir  kucingku Yang Dijemur Ini Sudah Dibersihkan,  Diberi Baking Soda,  Soda Kue,  Bedak Bayi Dan Semprotan Air Cuka Dan Detergen,  tahan lama kalau rajin jemur dan masukin penetralisir bau yaitu soda kue,  baking soda,  cuka,  detergen,  dan bedak bayi.  Nanti wanginya akan tercium harumnya bedak bayi. 



5. Semprokan Cairan Cuka Dan Detergen / Pewangi Baju dan Beri Soda Kue
 Semprotkan cairan pewangi--bisa pewangi Baju (Setrikaan)  atau pewangi campuran air cuka dan ditergen,  untuk menghilangkan bau kencing kucingnya.  Karena kencing kucing lebih menyengat baunya di banding kotorannya.  Kalau kamu punya soda kue--bisa di campur di pasirnya sebelum dijemur.

     Pastikan ketika kamu menjemur,  tidak ada kucing lain di luar rumahmu yang masuk di tempat penjemuran pasir kucing tersebut,  agar tidak dijadikannya tempat membuang kotorannya.

Setelah dijemur dan kering,  kamu bisa gunakan kembali untuk kucingmu.

Nah inilah 5 cara sederhana,  yang bisa bikin kamu percaya bahwa pakai pasir kucing itu tidak mahal,  malah mempermudah kamu dalam menjaga kucingmu agar selalu bersih dan sehat.  Ayo Beralih Ke Pasir Kucing 🐱



      


Tenggarong,    17 November 2019

Your Best Friend Forever

Rohana Permata Sari

Comments