Mudahnya Membersihkan Kotoran Kucing






Ternyata membersihkan kotoran kucing,  tidak sesulit yang kita bayangin loh dear.  Kalau tahu caranya dan tips mudahnya,  kamu malah bakalan ketagihan untuk membersihkan kotoran kucing,  hehehe.

Mirip seperti passion gitu,  kalau gak bersihin sehari aja.  Kaya ada yang kurang dalam hidupmu,  hehehe.

Nah,  dibawah ini ada cara mudah untuk kamu membersihkan kotoran kucing kesayanganmu antara lain :

1. Siapkan Perlengkapan Tempur-nya
Dalam membersihkan kotoran kucing,  kamu juga harus menyiapkan berbagai perlengkapan tempur-nya,  hehe.  Artinya kamu harus sedia pedang sebelum berperang.  Iya,  kita lagi mau berperang sama kotoran kucing.  Jadi jangan mudah jijik dan takut.  Karena kalau perlengkapan tempurmu lengkap.  Kamu bakalan berani dan PD abis,  bersihin kotorannya.  Dan merasa mudah aja karena terbantu dengan senjata-senjata yang sudah kamu persiapkan.

Nah ini dia,  senjata-senjatanya.  Hehehe

a.  Sekrup khusus menyaring kotoran kucing
      Kamu bisa beli ini di Pet shop ya dear.  Beli yang gagangnya kuat dan jangan terlalu besar.  Aku rekomendasikan skrup yang sedang dengan gagang plastik yang tebal.

b.  Pasir Wangi Rasa Buah,  Bunga Atau Kopi
      Selalu siapkan Segayung / sekaleng pasir wangi rasa apa saja yang masih baru,  kamu gunain menutup kotoran kucing yang banyak sebelum dibersihkan agar baunya tidak menyengat.

c.  Bedak Bayi Merek Apa Saja
     wangi bedak bayi kalau kucing sedang mengaruk pasir,  akan tercium dan meredamkan bau kotorannya.  Karena bedak bayi nantinya kamu gunain buat reffil pasir di bak toilet kucing.  Bisa kamu taruh sebelum memasukkan pasir wangi kucing atau sesudahnya.  Atau kamu gabung keduanya juga bisa.

d.  Tempat Sampah Berplastik
      Gak usah beli. Bikin aja dari kardus bekas atau tempat plastik bekas minyak 2 liter ,  jadikan tempat sampah dan kasih plastik,  agar kamu mudah membuang kotoran poop dan pipis-nya kucing yang sudah disaring.

e.  Masker Kain / Sekali Pakai
      Kalau gak mau ribet,  kamu bisa beli masker yang sekali pakai.  Tapi kalau kamu mau hemat.  Kamu bisa pakai masker kain atau masker debu ketika kamu naik motor.  Karena dengan menggunakan masker--debu pasir yang kotor karena kotoran kucing bisa tidak tercium oleh hidungmu.  Aku sih rekomendasikan  ini,  karena aku yang alergi debu.  Merasa penting banget pakai masker kalau bersihkan kotoran kucing.  Aman buat udara yang masuk ke hidungku.  Mood juga lebih bagus.

f.  Sarung Tangan Sekali Pakai
     Kalau gak bisa beli sarung tangan yang jenis latek,  kamu bisa gunain sarung tangan plastik yang sering dijual di toko plastik.  Mudah dan anti ribet.  Murah juga.  Jadi lumayan kamu bisa menghemat banyak.

G.  Selusin Plastik Ukuran Sedang
     Plastik untuk membuang kotoran kucing itu penting banget.  Jadi selalu siapkan plastik sebelum kamu tahu--persediaanmu berkurang.  Karena bakalan ribet banget.  Kalau plastiknya habis. Soalnya untuk membuang kotoran kucing agar tidak tercium baunya--bagusnya dimasukkan ke dalam plastik.  Soal ukurannya itu sesuai selera.  Aku pake yang sedang.  Karena aku selalu membersihkan kotoran kucing hampir 5 kali sehari,  dan sekali bersihkan sekali plastik.  Jadi gak di arsipkan kotoran kucingnya.  Kalau sudah di plastik untuk pagi.  Saat siang,  plastiknya pasti beda lagi

Karena untuk menghindari bau yang tidak sedap.  Serta plastik itu pasti aku langsung buang ketika aku keluar rumah.  Biar moodku juga terjaga.  Karena aku kurang suka bau-bau kotoran kucing yang belum dibersihkan.

Apalagi aku sering bersihkan bak toilet kotoran kucing punya orang lain kalau aku kerumahnya,  dan kudapati bak toiletnya belum bersih.  Hehehe.

Selain biar moodku terjaga baik ketika aku dirumahnya--juga untuk kesehatan kucing-kucing mereka,  karena aku kasihan kalau melihat banyak kotoran kucing dibanding pasir keringnya.

Bisa di bayangin khan,  kasihan banget kucingnya saat mau menggali pasir.  Malah yang tergali kotorannya sendiri.  Hehehe.

h.  Tissue Kering Dan Tissue Basah
Tissue kering dan tissue basah ini berguna banget membantumu dalam membersihkan kotoran kucing,  apalagi kalau nemuin kucing yang sedikit perfectionis,  hehehe.  Contohnya kaya kucingku-- namanya Bedjo.  Kucing yang Sangat Perfect dalam hal kebersihan.  Hihihi.  Dia paling gak suka kalau bak toilet pasirnya penuh dengan kotoran kucing-kucing lainnya.  Maklum aku tidak mengandang kucing-kucingku,  aku lepaskan saja di dalam rumah dan aku sediakan beberapa bak pasir.

Cuma kalau aku telambat pulang kantor,  atau kalau pagi--bisa kesiangan bangun.  Dan belum membersihkan toilet pasirnya.  Bedjo gak bakalan mau poop di dalam bak pasirnya.  Dia akan selalu membuang kotorannya di luar toiletnya,  yaitu di lantai yang bersih.  Hehehe.

Setiap lihat kejadian itu,  pasti aku ketawa ngakak.  Duh bedjo,  kamu perfect banget sih jadi kucing.  Karena gak pengen kotor,  jadi Poopnya diluar toilet pasir.


nah ini yang namanya Bedjo,  kucing mixdome kesayanganku,  lucu banget kalau dia natap kita gitu,  polos-polos gemesin deh..  Si perfectionis urusan Poop,  hehehe


Cuma jadi ribet urusan.  Karena poopnya jadi berserakan di lantai yang bersih.  Maka untuk menyelesaikannya dengan mudah-- aku harus pake sarung tangan dan ambil beberapa tissue--lalu aku bersihkan dulu kotorannya.

Setelah Poopnya aku buang di plastik sampah,  lantainya aku bersihkan dengan cairan penyemprot yang isinya sabun lantai / Pel-an yang dicampur sama cuka.  Jadi bersih lagi deh.  Hehehe.

Tissue basah kamu gunain--untuk membersihkan bagian yang tidak terkena pasir agar bersih dari sisa-sisa kotoran kucingnya.  Jangan lupa selalu pake sarung tangan ya dear.

I.  Siapkan selalu Cairan Ajaib
Kamu harus menyiapkan cairan ajaib ini untuk membersihkan kotoran kucingmu yaitu campuran sabun lantai dan cuka.  Duh,  ini cairan super keren dan bikin menghilangkan bau kucing dengan mudah.  Ajaib pisan deh.  Jangan lupa selalu siapkan ya

J.  Stok Pasir Wangi Sekarung 20 kg
Usahain selalu punya stok pasir wangi ya dear.  Aku rekomendasikan pasir yang ukurannya 20 kg.  Selain lebih banyak--harganya juga hemat dikantong dibanding kamu harus membeli yang 35 kg,  yang cenderung mahal.  Dengan adanya stok,  kamu jadi tidak khawatir kehabisan pasir wangi ketika akan mengganti pasir kucing yang kotor.



2. Membersihkan Kotoran Kucing Adalah Amal Jariyah
Setahuku,  kalau kita mengupayakan kebersihan lingkungan,  kesehatan makhluk hidup ciptaan Allah seperti kucing itu merupakan sebuah kebaikan.  Dan yang pastinya,  namanya kebaikan akan menjadi amal jariyah kita yang terus mengalir ketika kita sudah meninggal dan berada di akhirat.

Bahkan--aku suka banget sama kotoran kucing karena aku anggap satu kotoran kucing yang aku dapatkan,  berarti aku mendapatkan banyak kebaikan di akhirat nanti.

Kalau kebanyakan orang bisa jijik dengan kotoran kucing--aku malah bahagia,  karena dengan adanya kotoran kucing--ini menjadi lahanku untuk mencari surga yang aku inginkan,  yaitu surga firdaus.  Aamiin ya Rabb.

Karena tidak sembarangan orang yang bisa masuk surga firdaus.  Apalagi itu surga yang paling tinggi tingkatannya.  Jadi harus di lewati dengan bercengkrama dengan kotoran kucing.  Karena ibarat orang tua.  Kalau pengen punya anak--harus telaten dengan kotoran anaknya kalau anaknya ngompol dan poop sembarangan.  Itu salah satu cara orang tua untuk meraih surga idamannya.

Kalau aku--memilih membersihkan kotoran kucing kesayanganku setiap harilah adalah caraku menabung amal jariyah--agar dapat mendekatkanku dengan surga.  Aamiin ya Rabb.

Nah,  itulah 2 cara mudah untuk membersihkan kotoran kucing.  Semoga bikin kamu makin ketagihan ya membersihkannya,  apalagi kalau hobbymu bersih-bersih.  Wah udah kaya kebahagiaan tersendiri,  bisa membantu kucing dalam menyiapkan toilet pasir yang selalu bersih dan wangi.

Keren deh kamu! 🌷


Tenggarong,  16 November 2019

Your Best Friend Forever

Rohana Permata Sari



Comments