Mengobati Kucing Terinfeksi Virus

Ini Milly--sembuh dari Virus Calici



Kucing-kucing kesayangan kita bisa rawan banget terinfeksi virus,  karena kadang perhatian kita tidak fokus padanya dan lingkungan tempat hidup kucing memiliki sanitasi yang kurang baik,  serta jarang di vaksin. 

Nah,  dibawah ini adalah cara sederhanaku ketika kucing-kucingku dulu terinfeksi banyak virus--dari virus distemper,  virus calici sampai virus lainnya yang mematikan. 

Dan Alhamdulillah mereka bisa sembuh dan sehat kembali--

Jangan lupa,  di catat bagian ini atau di screenshot --soalnya siapa tahu bermanfaat. 

1. Berikan Asupan Rempah-Rempah

Ini Sry Devy--suka makan sop ikan rempah


Kalau bisa dari sekarang,  dalam memberi pakan-nya disertai dengan rempah-rempah,  misalnya ketika memberi rebusan ikan --kasih bumbu kunyit,  serai dan jahe

Atau ketika memberi makanan basahnya--campur rebusan kunyit,  serai dan jahe campur dengan gula merah atau madu

Ini whiskas basah--aku kasih susu growsy dicampur rebusan kunyit,  serai,  jahe dan gula merah--kucingku suka makannya


Dan bulan puasa kemarin--kucingku yang namanya Sakti--terinfeksi virus calici--akhirnya aku obati telaten dengan rebusan jahe,  kunyit,  serai dan gula merah --Alhamdulillah sembuh ๐Ÿ˜Š

bahkan temanku di salah satu grup pencinta kucing di facebook--kucingnya sembuh dari virus distemper--dengan hanya di berikannya jamu kunyit dan gula merah  setiap pagi dan sore sampai sembuh. 


2. Kembalikan Daya Tahan Tubuhnya

Kucing Harus sering dikasih vitamin


Menyembuhkan virus apapun di kucing--kunci utamanya adalah mengembalikan daya tahan tubuhnya. 

Nah cara mengembalikan daya tahan tubuh kucing itu adalah dengan memberinya vitamin untuk nutrisinya. 

Misalnya vitamin nutrigel plus,  vitamin b complex dari IPI, atau vitamin herbal seperti kapsul habbatussauda,  kuning telor dan madu

Kuning telor itu vitamin alami


Dulu Kucingku Sakti--aku kasih kapsul habbatusauda setiap hari ketika dia sakit,  vitamin b complex dari IPI,  kuning telor dan madu--semua aku kasih--karena aku mau usaha lebih banyak,  agar dia cepat sembuh dan sehat lagi,  aku campur dengan rebusan jahe,  kunyit,  serai dan gula merah. 


3. Berikan Kucingmu Semangat Hidup

Ini harimau kecil,  simba kecil dan singa waktu kecil ๐Ÿ’


Setiap kucingku sakit,  suka aku gendong dan aku taruh di pahaku--lalu aku ceritain--bahwa : " jangan sedih ya dek--ada mama disini--kita berjuang sama-sama ya dek"

Itu selalu kata-kataku sama mereka,  apalagi kalau mereka nangis sedih dan malas buat makan. 

Jadi setiap disuapin--diceritain banyak hal,  bahkan aku sering kasih shalawat nabi buat mereka. Jadi setiap aku suapin--aku ucapin,  "Allahumma-sholli-ala-syaidina-muhammad"

Seperti kucingku--yang namanya Singa--dia punya benjolan seperti tumor di bawah lehernya,  selain aku kasih ramuan herbal Parutan kunyit campur bawang putih yang dikasih minyak tawon--aku kasih pagi dan sore sampai sembuh --aku juga sering mengusapkan obat herbalnya--sambil mengucapkan shalawat nabi dan di tiupkan ke bagian yang ada tumornya. 

Alhamdulillah kucing singaku sembuh๐Ÿ˜Š


Kalau lagi sakit,  sukanya duduk di paha kita dan minta di perhatikan karena badannya gak enak dan lagi sakit ๐Ÿฃ


dan jangan lupa selalu mengganti baju-mu ketika mengobati Kucing Sakitmu--karena ketika kucing-kucingmu banyak yang sakit dan kamu taruh di paha-mu semua dengan baju yang sama--bisa di pastikan--virusnya bisa menular ke sesama kucingmu

Jadi ganti bajumu setiap mengobati satu kucing serta selalu cuci tangan--itu yang paling terpenting ๐Ÿ’


4. Berikan Pakan Penyembuh

Di blender lalu disaring agar bisa masuk ke suntikan tanpa jarumnya


Rekomedasi dokter hewan--nutrisi makanan untuk kucing sakit itu adalah Royal Canin Recovery--tapi kalau kamu belum bisa membelinya, kamu bisa gunain makanan kering apa saja kamu blender--dan kamu campurkan dengan ramuan kuning telor dan madu serta rempah-rempah kunyit,  jahe,  serai dan gula merah. 

Kalau belum nemu makanan kering,  gunain resep turun temurun keluargaku--dalam memberi makan kucing sakit yaitu rebusan ayam, hati dan empedal ayam --di blender. 

Lalu campurkan ramuan yang diatas tadi didalam makanan yang sudah di blender. 

Kasih pake suntikan tanpa jarum,  setiap 5 jam sekali. 


5. Isolasi Kucing Dan Beri Tempat Ternyaman

Kucing di kandang--lebih terjaga pengawasannya


Kalau kamu gak punya kandang,  bisa kamu isolasi didalam kamar,  tapi usahain bersihkan cairan apapun yang ada pada kucing,  misalnya air liurnya,  hingus-nya,  cairan di matanya,  diare-nya. 

Sehingga ketika tidur di kamarmu--kamu juga tidak terjangkit virus dari Penyakit kucing. 


Ini chettah waktu remaja saat flu--tidur di kasurku--ditutupi tissue dan kain bantal agar gak kena langsung dengan AC --aku isolasi di kamar karena Chettah ini paling stress kalau di kandang


Tapi sebaik-baiknya tempat isolasi itu adalah kandang atau kamar sendiri untuk kucing mu,  tidak berbagi tempat dengan siapapun. 

Sehingga aman buat semua pihak,  serta kamu juga bisa memantau perkembangannya. 

Didalam kandangnya,  usahain kasih kain bekas apa saja,  yang penting bersih--sediakan air minum,  biasanya kucing sakit itu lebih suka banyak minum,  dibanding makan dry food-nya. 

Jadi asupan makan--ada di tanganmu--setiap 5 jam sekali--usahain di kasih makan--agar ada nutrisi dan dia gak lemas serta tidak dehidrasi.

 

6. Obati Bau Mulut Kucing

Ini Muhammad Tatam Muslim yang sudah sehat dan ganteng ๐Ÿ’


Kadang kucing yang terinfeksi virus--memiliki bau mulut yang kurang sedap,  coba perhatikan. Gusinya,  apakah bengkak,  karena itu gejala awal sariawan pada kucing. 

Aku pernah mengalami hal tersebut--pada kucingku yang Namanya Muhammad Tatam Muslim--dia gak mau makan dry food-nya, dan mulutnya berbau tidak enak lalu aku bawa ke dokter hewan. 

Kata dokter hewanku,  gusinya bengkak--itu tanda awal sariawan pada kucing. 

Jadi dikasih obat sariawan pada gusi,  rekomendasi dokter hewan adalah Kenalog--karena ketika di usap ke gusi kucing--aman tertelan dan tidak membuat keracunan pada kucing. 

Alhamdulillah,  Tatam sembuh beberapa hari kemudian,  dan jadi lincah makannya, hehehe


Si Oyen--kaya Kucing Jepang ini karena punya ekor 2 cm saja,  hehehe --Namanya Muhammad Mochacino Muslim--susah banget di minumin Vitamin B Complex dari IPI,  sampe drama tangan dicakar atau obatnya di keluarkannya lagi  ๐Ÿ˜…


Dan kalau secara alami--mengobati bau mulut kucing--aku suka kasih madu ke Kucingku yang namanya Mocha--alhamdulillah dia suka madu. 

Soalnya Mocha ini--paling ribet kalau di kasih vitamin--sampai tanganku di cakar--saking bencinya dia dengan obat apapun yang di kasih ke mulutnya,  hehehe

Sekarang,  bau mulutnya udah gak ada lagi--karena setiap hari aku kasih dua sendok madu--dan dia suka menjilatnya,  hore! 

Nah,  inilah 6 cara sederhana untuk mengobati kucing yang terinfeksi virus,  semoga bermanfaat ya! 


Tenggarong,  02 Desember 2020

Sahabat Sehidup Sesurgamu

Rohana Permata Sari

Comments