Menangani Kucing Trauma

Ini anaknya anabel dan anaknya mama Hidung Gede, yang suka takut kalau liat orang yang gak dikenalnya
@copyright kucingsemua.blogspot.com

Trauma Pada kucing bisa dikatakan disaat Ia menjadi tidak ingin mendekati sesuatu yang ia takuti atau sesuatu yang ia tidak kenal dari rutinitasnya selama ini.

Trauma pada kucing juga banyak tanda-tandanya, bisa diperhatikan, dari seluk beluk Tubuhnya, pergerakan matanya, dan merasa waspada jika bertemu kita/ bertemu barang yang ia tidak sukai.


Seperti yang dikatakan teman-teman Fanspage Facebook Lovely Cats, seperti Bunda Selma dari Belanda, beliau memiliki Kucing Baru bernama Teddy, Teddy ini adalah Kucing yang diadopsi Bunda Selma, yang dulunya pernah tinggal dengan pencandu Narkoba, dan memiki penyakit Alergi pada  kulit jidatnya.




Teddy di tangga Rumah Bunda Selma Di Belanda, ini tempat kesukaannya d bulan April 2013
@copyright Photo Pribadi Bunda Selma

Teddy saat awal di bawa di Rumah Bunda Selma, terlihat sekali dia masih waspada, takut-takut dan segan, karena memang dia belum mengenal dengan pemiliknya yang baru. Coba perhatikan, dari sorot matanya, dia merasa tak ingin melihat pemilik barunya, karena masih belum terbiasa.

Baca Juga : Akibat Kucing Dipukul

Namun dengan berjalannya waktu, dan kasih sayang bunda selma dan Bapak Yerun yang merawat Teddy dengan baik, teddy menjadi lebih berani untuk bermain, berjalan-jalan, menatap wajah sang pemilik, hingga sembuh penyakitnya.

Ini Teddy Sekarang, di Bulan Juni 2013, lebih sehat, lebih manja dan lebih pintar :)
@copyright Photo pribadi Bunda Selma

Bisa dikatakan , terapi yang bunda selma dan suami beliau gunakan efektif, yaitu dengan memberi kasih sayang penuh, makanan yang sehat, membawanya kekebun, dan memberi tahu bahwa dia adalah keluarga kita. Membuat teddy lebih tidak stress, dan tidak Trauma, matanya terlihat santai dan mampu menatap dengan baik, berjalan kemana-mana, dan distimulasi dengan baik, dengan menggunakan makanan, agar dia berani untuk turun dari tangga, dan menjelajahi rumah barunya.

Kenapa teddy dulu Trauma, dan merasa takut-takut dengan pemilik barunya?

itu dikarenakan di masa lalunya, dengan pemilik lamanya, ia pasti pernah di marahi, dikasari, hingga akhirnya dia merasa takut dengan manusia, karena ia tinggal dengan pecandu Narkoba, yang bisa tidak sadar melemparnya dengan minuman/kaleng atau menendang Teddy, liat saja, awal ia di bawa ke rumah Bunda Selma, terlihat kurus dan sakit, terlihat sekali ada trauma disana.

namun bunda selma dan Bapak Yerun berhasil menyembuhkan Teddy dengan kasih sayang yang tulus. Alhamdulillah :)


Jadi Kawan-kawan, jika kamu menemukan kucingmu atau kucing liar yang terlihat stress/trauma padamu, namun kamu ingin merawatnya, usahakan menggunakan Trik-trik dibawah ini:

  1. Gunakan Kain/Selimut untuk mengangkat kucing tersebut dan jaga jangan sampai ia menggigit tanganmu.
  2. Pegang bagian leher kucing tersebut, dan bikin dia tidak bergerak.
  3. Isolasi dia dikandang/ di kamar yang bikin dia nyaman
  4. Sesekali kamu menyapanya dengan membawakan makanan
  5. Jangan dulu memusutnya, atau membelai bulunya, karena dia masih belum percaya padamu, yang terlihat asing dimatanya.
  6. Setelah 2 harian, saat dia makan, cobalah sesekali kenalkan kasih sayangmu kepada dia, dengan pelan-pelan membelai kepalanya.
  7. Awalnya dia akan marah, tapi biasakan saja secara pelan-pelan, saat dia makan, saat kamu membelai kepalanya.
  8. Meskipun terlihat sulit, tapi kucing membutuhkan "sesuatu yang ia sudah biasa", jangan mencoba membuat dia harus mengerti dirimu, tapi cobalah untuk bersabar, dan memahami prilakunya.
  9. Namun berjalannya waktu, kucing tersebut pasti akan menjadi melunak, dan mencoba berkawan denganmu.

Ini terbukti dengan Kisahnya Bunda Selma dan Teddy, dan pengalamanku saat menolong kucing jantan liar yang tertabrak di jalan raya, kakinya yang berdarah, membuat dia tidak bisa berjalan. Hingga membuatku, membawanya pulang kerumah dengan Tas Kucingku.

Sebelum ku bawa ke rumah, aku obati dulu kakinya yang penuh luka dan darah dengan minyak tawon dan minyak batu dari cina untuk agar tidak infeksi.

Awalnya dia marah dan tidak terima aku mendekatinya, namun aku secepatnya memegang lehernya, membuat dia tidak bisa bergerak, dan langsung mengobatinya. Setelah diobati, lalu aku bawa ia ke dalam Tas kucing dan pulang kerumah. 

dirumahpun, aku masih belum bisa membuat dia Jinak, karena dia masih Trauma dengan kejadian kecelakaan terhadap dirinya. Aku hanya menyapanya saja seadanya, dan memberi dia makan, awalnya dia menolak makanan yang aku kasih, tapi lama kelamaan dia mulai makan.
Tiap hari aku mengobatinya, dan aku membelai kepalanya terus-terusan hingga ia menjadi terbiasa dengan kehadiranku, sehingga akhirnya sampai sekarang dia sembuh, bisa berjalan normal, dan menjadi salah satu penjantan di rumahku yang paling aktif :)

Jadi lakukan Terapi kasih sayang untuk mengobati kucing-kucing trauma serta 9 trik-trik diatas yang bisa kamu aplikasikan.


Semoga berhasil :)




Comments

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima Kasih Sudah Meninggalkan Komentar, Aku Akan Membalasnya Sebentar Lagi!