Yuk Bikin Sabun Alami Untuk Kucingmu



Tatam Siap Mandi Dengan Sabun Dari Alam


Mudah banget loh,  bikin sabun alami buat Kucing kesayanganmu,  ini adalah eksperimentku untuk Kucing-Kucingku dirumah,

Karena kemarin lagi mau bikin sabun alami tanpa bahan kimia,  akhirnya aku coba--bagus di badanku,  kulitku juga jadi lembut.


Akhirnya--aku kepikiran--kalo sama aku aja bisa,  kenapa gak di coba buat anak-anak kucingku dirumah,  hehehe


Apalagi ini bahan-bahannya alami dari alam,  dan bisa bikin kutu kucing menjauh dan hilang serta aman banget,  kalo terjilat sama kucing kita,  karena bahan-bahannya terbuat dari bahan yang alami.

Sabun ini juga tahan sampai 1 bulan,  karena informasi ini aku dapat dari Youtube dan aku modifikasi sebagian bahan-bahannya,  


karena memang rencananya pengen bikin sabun itu tidak menyusahkan,  dan dari bahan yang ada didekat pekarangan rumah saja.

Di youtube--nanti informasinya alamat channel youtubenya ada di akhir tulisanku--ia memakai 1 buah pepaya, air dan minyak zaitun.

Karena dirumah,  minyak zaitunku lagi habis.  Yang ada adalah minyak goreng dari kelapa sawit,  jadi aku coba aja.  Cuma aku modifikasi,  dengan mencampur beberapa buah lemon dan jeruk nipis untuk lebih wangi.

Kamu bisa pake pewangi alami lainnya seperti air rebusan bunga mawar atau bunga melati,  mungkin lain kali--aku akan coba pake air rebusan bunga mawar atau bunga melati,  soalnya dirumahku banyak bunga itu,  namun belum berbunga,  kalo sudah berbunga,  bisa aku coba lagi,  hehehe

Nah,  inilah cara mudahnya bikin sabun alami untuk kucing kesayanganmu,  sudah mudah didapatkan,  Kamu  juga bisa menghemat lebih--keren banget khan,  jangan lupa di coba ya dear!


1. Siapkan Pepaya 1/2 Matang


Pepaya Mangkal alias Pepaya 1/2 Matang, jangan lupa di siapin ya!

Cari Pepaya Lokal dan kamu tahu Pepayanya tidak di kasih bahan kimia untuk terlihat bagus atau kalau lebih mudah--beli dari Buah Pepaya tetanggamu di Pohon Segar, atau kamu tanam sendiri lebih bagus.

Warnanya kuning , tapi masih ada hijau-hijaunya, dan struktur dagingnya masih keras, namun sudah berwarna orange, jadi pilih buah yang ada warna kuningnya dan hijaunya juga.



2. Gunakan 1/2 Potong Pepaya Saja


Pepayanya sedap betul , eh tapi ini bukan untuk di makan ya, 1/2nya aja di makan, 1/2nya buat sabun, hehe

Potong dan bersihkan buahnya, serta pisahkan daging Pepaya dengan bijinya. Pastikan warnanya belum merah, namun terlihat kuning ke orange-orange-nan.

Gunakan 1/2 potong saja, karena itu sudah lumayan banyak buat persediaan sabun kucingmu selama 1 bulan.



3. Potong Kecil Dan Haluskan Dengan Blender


Mulai Heboh dengan barang baru di taruh di lantai, hehehe

Daging Pepaya-nya di potong-potong kecil, agar mudah di hancurkan dan tidak merusak pisau blendermu, dan berikan air secukupnya.

tekstur sabun yang ingin kamu pakai, bisa kamu atur sendiri, bisa seperti tektur lulur atau bisa seperti sabun cair , namun bisa dipastikan sabun ini tidak ada busanya, karena aman bagi kulit kucing kesayanganmu karena tidak ada bahan kimia dan aman juga untuk lingkungan, sehingga tidak tercemar dari busa bahan sabun kimia yang sering kamu gunain.


4. Tambahkan Minyak Secukupnya


Ade Harimau pengen nyicip Minyak Gorengnya, hehe


Sengaja banget, aku bilang secukupnya--karena itu sesuai dengan keinginan kamu saja , pengen bikin takaran sabunnya sebanyak apa, kalau aku--pake secukupnya saja, yang pasti tidak terlalu berminyak dan bisa kesat di tangan.

Kamu bisa coba setelah di blender, di tanganmu, atur kepadatan dan cairnya sabun tersebut.

Minyak gorengnya juga bisa kamu gunain apa saja, bisa dari minyak zaitun, minyak kepala, minyak jagung atau minyak kelapa sawit.

Tapi itu pembuatanku ini, aku memakai minyak kelapa sawit yang biasa di jual di pasaran, karena biasa aku gunain, untuk nangkapin kutu-kutu di badan kucingku, hehehe



5. Tambahkan Lemon Dan Jeruk Nipis


Lemon dan Jeruk Nipis bikin keren sabun alaminya

Lemon Dan Jeruk Nipis aku gunain untuk pewangi alami untuk sabunnya dan agar bisa membunuh kutu-kutu di badan kucing kesayanganku, karena kutu-kutu kucing tidak suka dengan buah lemon dan jeruk nipis, jadi campurkan saja semuanya buahnya, tapi jangan lupa dipotong-potong dulu, dimasukkan berserta kulit dan bijinya.



6.  Setelah Dicampur Dengan Blender, Masukkan Ke Botol Sabun
O Paling Sibuk dengan bau Pepaya, soalnya dia suka buah pepaya, hehehe

Ada dua botol sabun yang aku gunain, satu botol yang untuk bagian tekstur lulur, satu bagian tekstur cair, dua-duanya berguna banget buat mandi kucing kesayanganku

Bikin kutu-kutu mati dan rontokkan semua ketika di mandikan, apalagi ini bahan alami--aman terjilat untuk kucing kesayangamu, keren banget khan!


7. Siap Mandi !


Tatam di guyur Sabun Alami, Seger!

Ini jadwalnya Tatam buat mandi--kucing hitamku yang ganteng ^_^, dan sabun Pepaya Alami ini cocok banget buat dia, karena bikin kesehatan bulunya bagus dan kutu-kutu di badannya rontok semua, ternyata ini lebih keren dari sabun yang pernah aku beli di Petshop, hehe.

Coba deh dirumah, selain aman buat kulit kucingmu, manfaatnya juga luar biasa karena alami dari alam, serta kamu bisa menghemat banyak pengeluaran, dan ini cocok banget buat kamu yang cinta dengan alam, karena sabun ini aman buat lingkungan dan tidak mencemari lingkungan kita.

Jangan lupa di coba ya dear!


Sumber Bacaan : 

1. Cara membuat Sabun Pepaya / Youtube Hendry Setiawan

2.  Manfaat Minyak Kelapa Sawit / Youtube Mantasia Tips

3.  Manfaat Pepaya Untuk Kulit dan Kesehatan / Bola.com

4. Meongers.com/ Kutu Kucing Hilang Dengan lemon

5. Pussmeong.com / Menghilangkan Kutu Dengan Jeruk Nipis



Tenggarong, 15 Januari 2020


Your Best Friend Forever


Rohana Pemata Sari

Comments

  1. Blognya bermanfaat bgtt huhu, nyesel baru tau sekarangg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, semoga bermanfaat ya, dan jangan lupa share ke orang-orang yang kamu sayangi 🍒

      Delete

Post a Comment

Terima Kasih Sudah Meninggalkan Komentar, Aku Akan Membalasnya Sebentar Lagi!