Penyebab Kucing Muntah

Pernah ngalamin gak dear, kucing kesayangan kita muntah, dan bikin kita khawatir dengan keadaannya, biasanya kalo lagi sakit dia pasti suka bermanja-manja, perhatikan dia ya dear.. 

beri asupan mineral dan vitamin agar dia sehat lagi...

Ini dia salah satu penyebab kucingmu muntah-muntah sebagai berikut:

1. Kondisi Lingkungan Dan Sanitasi Udara Harus Diperhatikan



Kucing paling rentan hidup di sanitasi udara yang tidak baik dan kotor , mudah sekali terinfeksi banyak virus-virus yang tak baik


2. Makanan yang kurang cocok



Nutrisi makanan juga kadang mempengaruhi penyebab kucingmu muntah-muntah, dari ikan yang kurang segar, makan ikan yang basi, air yang tidak sehat dan tidak masak dapat banyak mempengaruhi kesehatan tubuhnya.
 

3. Kucing Lain Yang Sakit



Usahain kucing kita terhindar dari kucing lain yang sakit, karena penyakit kucing mudah sekali menular sesama kucing dari penyakit flu, Penyakit Scabies, Penyakit muntah kuning, penyakit kurap kucing , sangat rawan jika ada kucing yang sakit didekat kucing kita, itu bisa menyebabkan kucing kita bisa sakit dengan gampang, akhirnya dimulai dengan kurang napsu makan, kurang aktif dan bisa muntah-muntah kuning.



4. Jarang Di Vaksin  Atau Jarang  Diberi Rebusan Rempah-Rempah Rutin Dan Di beri Multivitamin Kucing




Usahain kucing kita dirawat dengan baik dengan vaksin rutin atau diberi rebusan rempah-rempah dalam nutrisinya dengan mencampur kunyit,  jahe,  serai,  bawang putih,  bawang merah dalam rebusan ikan buat makannya  dan 

di beri multivitamin yang baik untuk kucing seperti vitamin b complex dari IPI atau vitamin mineral b-plex disesuaikan dengan rekomendasi dokter Hewan terdekat di lingkungan rumahmu misalnya dokter Hewan di Kantor Dinas Peternakan terdekat.

Baca Juga :



5. Selalu Jaga Perhatian Kita Untuknya, Jangan Dicuekin 



 Apalagi tidak dihiraukan, kalau ingin bermain, karena penyebab awal kucing sakit biasanya karena kita kurang perhatian kepada mereka.

Di gendong setiap hari,  di bawa jalan-jalan didepan rumah--menikmati udara pagi atau melihatkan daun-daun yang bergoyang dan banyaknya burung setiap pagi yang terbang--pasti dia suka dan bikin dia gak stress di kandang atau hanya di dalam rumah. 


6. Obati Dengan Rempah-Rempah Yaitu Rebusan Jahe Dan Gula Merah



Penggunaan rempah-rempah untuk kucing muntah--kasih rebusan air jahe dan gula merah,  kasih beberapa kali setiap 3 jam --tergantung intensitas diare dan muntahnya. 

Cara buatnya,  bisa dengan satu biji jahe --di potong-potong--dan dimasukkan ke dalam panci yang berisi air 500 ml--kasih sepotong kecil gula merah, 

Tunggu gula merah nya meresap dan air mendidih,  hingga dingin--baru kasih ke kucing.  

Jangan lupa di cicipi--apakah air gula merahnya terasa manis,  kalau sudah merata rasanya sama jahe-nya,  seperti rasa wedang jahe--nah kalau seperti itu baru bisa disuguhi ke kucing kesayangan kita. 

Bisa pakai sendok,  atau suntikan tanpa jarum.  Gabungkan dengan makanan basahnya misalnya whiskas kitten di hancurkan hingga rata--kasih beberapa sendok air jahe dan gula merah itu--agar rasa pedas dari jahe-nya tidak terlalu terasa ke kucing--kalau dicampur sedikit makanan basahnya. 

Baca Juga : Rempah-Rempah Buat Kucing


7. Kucing Muntah Karena Hairball


Kucing sering muntah bulu-bulu rambutnya karen hairball--itu artinya dia memuntahkan bulu-bulu yang ada di dalam tubuhnya. 

Dan itu bagus,  karena kucing khan meman suka menjilat bulu-bulunya,  jadi Muntah bulu itu aman dan sebaiknya rutin 

Jadi memancing kucing buat muntah bulu,  kita bisa belikan bibit rumput gandum di shoppe atau bikin sendiri daun-daun yang aman buat kucing makan,  seperti membuat tanaman sayur kangkung dari sisa dapur atau tanaman daun bawang dari sisa makanan kita. 

Masukkan didalan kaleng bekas atau gelas,  kasih air--dan tunggu sampai dia bertunas baru,  dan tumbuh daun-daun muda yang baru--biasanya kucing suka memakannya.  Jangan lupa ganti airnya setiap hari--agar batangnya tidak cepat busuk 

Baca juga : Tanaman Ramah Untuk Kucing Di Dalam Rumah


Nah, 7 hal inilah penyebab sederhana dari kucing kita bisa mengalami muntah-muntah, jaga selalu kesehatannya ya dear.. dengan selalu memberi perhatian dan kasih sayang yang lebih untuknya.. 

salam sehat untuk dede kucingmu ya dear..!


Ini Piko saat dia lagi sakit, muntah dan diare

Comments