Bikin Kucing Bahagia Membuang Kotoran

Melatih kucing membuang kotoran itu bagusnya dari dia jadi kitten, mudah diatur dan dia akan ingat lebih lama πŸ“


Kucing biasanya akan merasa bahagia membuang kotoran ketika banyak hal yang dilakukan pemiliknya, untuk membuat dia nyaman dan gak bikin strees. Karena kucing juga bisa stress loh. Kalau tempat pembuangan kotorannya tidak sesuai dengan yang biasa di di biasakan dari kecil saat membuang Poop-nya.

Dibawah ini, tips untuk 2 cara dimana kucing membuang kotoran di Bak Pasirnya dan Toilet Rumah Kita.

Sebelum menentukan kucing agar dengan mudah dan bahagia membuang kotoran. Selalu ingat bahwa kucing terbiasa dengan sesuatu yang sudah dikenalnya lama.

Jadi kalau semasa kecil--saat ia menjadi Kitten--diajarinya di Toilet atau di bak Pasir, maka ketika kalian mengadopsinya--kalian bisa terapkan itu sebagai kebiasaannya yang tidak berubah, sehingga ia merasa nyaman dengan lingkungan barunya.

1. Tips Kucing Bahagia Membuang Kotoran Di Toilet
Dibawah ini ada beberapa tips agar kucing dapat bahagia membuanng kotorannya di Toilet antara lain :

a. Selalu buat Toilet kering dari air yang tergenang
Air yang tergenang di Toilet bisa bikin kucing kena penyakit--karena air toilet itu kotor dan biasanya naluri kucing yang selalu ingin tahu--ia bisa menjilati air lantai di toilet tersebut--jadi hindari hal itu dengan membuat toilet benar-benar kering.

b. Selalu buat Toilet Bersih
Jangan sampai ketika dia Poop--Toilet malah menjadi Kotor. Ajarkan dia Poop di lobang saluran toilet atau lobang Toilet Jongkok.

Cepat bersihkan, ketika ia sudah membuang Poopnya.

Paling aman--ajarkan kucing membuang Poopnya di lobang saluran toilet, jadi Poopnya langsung jatuh kebawah dan tidak tergenang lagi di air Toilet jongkok, karena Poop yang tergenang dan tidak cepat dibersihkan--akan menimbulkan bibit-bibit penyakit yang tidak baik, bagi kucing dan lingkungan di rumah kita.

3. Amankan semua pembersih lantai toilet
Biasakan pembersih lantai toilet, taruh diatas meja di toilet atau Bak mandi, yang kucing tidak bisa menjangkaunya.

karena sifat kucing yang selalu ingin tahu, bisa membahayakan dirinya karena menjilati pembersih lantai--karena dia menyukai wanginya. Karena ada kucing yang suka dengan wangi pembersih lantai, hingga ia menjilatinya. Jadi amankan semua pembersih lantai toilet tersebut.

Baca juga : Ciri-Ciri Kucing Mau PUP

2. Tips Bikin Kucing Bahagia Membuang Kotoran di Bak Pasir

Ini tips-tips sederhananya antara lain:

a. Sediakan Bak Pasir yang Besar
Tidak disarankan memberi kucing bak pasir yang kecil, karena kucing selalu suka menggali pasir dengan tenaga yang kuat-- kalau bak pasirnya kecil--pasir-pasir di bak pasir akan keluar dan membuat boros serta kotor di lantai.

dan juga bak pasir yang besar--membuat kucing nyaman untuk buang air besar maupun kencing disana--karena Pas untuk ukuran tubuhnya.

serta ketika ia naik di ujung-Ujung bak pasirnya--bak pasirnya tidak jatuh dalam menahan berat tubuhnya yang sedang membuang kotoran.

b. Perhatikan Kuantitas dan Kualitas Pasir Kucing
Dalam memberi pasir di Bak Pasir kucing--harus dilihat kuantitasnya, jangan terlalu sedikit juga jangan terlalu banyak. Kalau bisa Pasirnya diberikan 1/2 dari ukuran bak pasirnya. Agar dia mudah menutupi Poop nya.

Kualitas pasir kucing juga diperhatikan, kalau bisa beli pasir kucing yang menyerap air nya bagus--dan belinya Kiloan--agar lebih hemat dan gak ribet pulang balik Pet shop kalau habis pasirnya. Karena kucing--setiap hari dibersihkan bak pasirnya, otomatis--berkurang kuantitas pasirnya.

Baca juga : Review Pasir Kucing

Jadi setiap dibersihkan pakai Sendok Poop, diberikan lagi pasir baru di pasir yang sudah dibersihkan, agar dia merasa wangi dan enak ketika Poop.


c. Berikan Bedak Bayi untuk Pasir yang sudah di bersihkan
Ini salah satu tips yang paling aku suka. jadi kalau pewangi pasirnya sudah habis, dan belum gajian untuk aku beli lagi--jadi biasanya aku kasih bedak bayi di pasir yang sudah dibersihkan tersebut.

Jadi wanginya masih terasa ada wangi bedak bayi yang enak di cium, hehehe.

Biasanya kucingku suka, dan gak protes. Misalnya batuk-batuk atau muntah karena mencium bedak bayi, malah karena aku kasih bedak bayi, mereka mengganggap pasirnya bersih banget jadi suka tiduran di bak pasir. hadeh, hehehe

d. usahakan Bak Pasirnya banyak untuk kucing yang banyak
Jangan karena kamu mau menghemat pengeluaran kucing-kucingmu, bak pasirnya sedikit untuk kucingmu yang banyak di rumah.

Usahakan bak pasirnya juga banyak. Idealnya sih satu kucing--satu bak pasir, agar privasi mereka terjaga ketika membuang kotoran. hehehe.

kucing juga punya privasi ternyata, hehehe, iya banget--karena kucing itu adalah hewan yang pemalu--jadi untuk urusan Poop--biasanya suka menyendiri di ujung-ujung sudut rumah, dan gak mau barengan Poopnya.

kecuali kucing yang sudah kebelet ya. Jadi poopnya suka bareng satu bak pasir, hehe

Tapi kalau kamu merasa ribet 1 kucing 1 bak pasir, usahain aja--bak pasirnya banyak.

Misal kaya aku, punya kucing dirumah 8, tapi bak pasirku cuma 3 aja, tapi ukuran jumbo semua.

dan ketika mereka Poop, aku bersihkan 3 kali sehari, Pagi-siang-dan malam. bahkan kalau aku gak kerja atau lagi di rumah, bisa sampai kapanpun aku bersihkan. Pas dia Poop, langsung dibersihkan.

Karena aku kurang suka bau Poop kucing, bikin moodku kurang baik dan kucingku juga suka muntah kalau poop-poopnya lama gak aku bersihkan.


e. Ganti Bak Pasirnya seminggu sekali
Jangan lupa untuk ganti bak pasirnya seminggu sekali. Agar lebih sehat dan bersih untuk kucing-kucing kesayanganmu. Karena kalau kucingmu sakit--kamu juga yang repot. Jadi lebih intensif dalam membersihkan bak pasirnya.


Nah, gimana udah cukup membuka ide buat kamu bikin kucingmu bahagia gak? Hehe.

Jadi kalau kamu bisa bikin kucing-kucingmu bahagia ketika membuang kotorannya, dia akan lebih aktif dan sehat ketika diajak bermain dan nemenin kamu di rumah.

Baca juga : Melatih Kucing Membuang Kotoran

Semoga tips sederhana diatas dapat bermanfaat untuk kamu dan bisa bikin kamu membuat kucing dirumahmu bahagia.

Comments