Rasa Sakit Pada Kucing

Rasa sakit pada kucing, menyebabkan tingkah lakunya berubah



Rasa sakit pada kucing biasanya di akibatkan oleh rangsangan di ujung saraf khusus di dalam badannya. Pada umumnya, penyebab utamnya bermacam-macam, namun biasanya akibat cedera, infeksi, keracunan atau reaksi pembengkakan.

Rasa sakit adalah salah satu tanda paling awal dari penyakit.

Bila kita menderita sakit, kita mungkin menceritakan kepada seseorang. Namun seekor kucing tidak dapat berbicara, namun pada umumnya reaksi kucingmu akan cukup jelas bagimu, jika kamu mampu memperhatikannya.

Di bawah ini beberapa rasa sakit yang sering dirasakan kucing:


  1. Kucing itu biasanya akan menjerit kesakitan bila kamu secara tidak sengaja menginjak kakinya, Dia akan menjerit bila kamu memegang bagian badannya yang sakit, dan bahkan akan mendesis, mengigit atau berusaha mencakarmu.
  2. Bila kaki Kucingmu terasa sakit, dia mungkin meletakkan kakinya ditanah, namun tidak membebankan berat badannya ke kakinya tersebut, berjalan pincang, atau mengangkat kakinya agar tidak menyentuh di tanah.
  3. Bila kucingmu menderita sakit persendian, misalnya karena penyakit artritis, dia mungkin mengeluarkan jeritan kesakitan saat bergerak untuk berdiri atau berbaring.
  4. Rasa sakit atau gatal dari kelenjar di daerah anus sering kali membuat kucngmu "menggosokkan" pantatnya ke tanah, hal ini sebagai reaksi terhadap rasa sakit di bagian pantatnya, kucing terlihat sering memeriksa bagian tersebut.
  5. Rasa sakit pada salah satu mata akan menyebabkan kucing menggerak-gerakan kaki depan ke daerah mata tersebut.
  6. Rasa sakit di telinga biasanya membuat kucing meiringkan kepalanya ke sisi yang sakit dan menggoyang-goyangkan kepalanya.
  7. Rasa sakit dalam mulut menyebabkan kucing mengelurakan air liur dan menggoyang-goyangkan rahangnya dengan cepat dan kuat.

Namun akan sulit terdeteksi kalau kucing menderita sakit di tulang belakang, kepala atau bagian dalam. Satu-satunya petunjuk adalah bahwa ada sesuatu yang tidak beres , kamu bisa perhatikan dari perubahan tingkah lakunya.


Comments

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. Mau tanya nih!
    Kucing saya bru umur sebulan, saya kasih kuning telor mentah karena dia sakit gak mau makan takutnya dia kurus, berapa jam saya kasih kuning telor itu tiba" dia bab terus kotoranya encer gitu, apa itu efek nya? gimana nih nyembuhinnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear.. kucing jangan dikasih telur yang mentah.. pengobatan kesehatan untuk kucing lebih rawan dibanding pengobatan alternatif kesehatan pada manusia karena tubuhnya yang kecil dan kegiatannya di alam bebas.. kalau dia gak mau makan coba kasih air gula merah 2 sendok makan dalam 2 jam sekali, dan beri vitamin mineral sesuaikan dosisnya, jangan kebanyakan dear.. kalau bisa 1/4nya aja kalau kucing dewasa, kalau yang kecil 1/8 dear.. tapi baiknya kamu konsultasikan ke dokter Hewan di Kantor Dinas Peternakan terdekat ya dear.. insya Allah, dokter hewannya akan membantumu dengan baik.. semoga menjawab ya dear.. meski mohon maaf baru skrg bisa dibalasnya.. blog ini tempat curcol para pencinta meong dear dgn perawatan mudah serta telaten dalam kesehatan kucingmu tapi bukan mendiagnosa maupun mengobati intensif, selebihnya itu dilakukan sama Allah dengan perantara dokter hewan ya dear.. salam sehat buat kucing manismu yaa...^_^

      Delete

Post a Comment

Terima Kasih Sudah Meninggalkan Komentar, Aku Akan Membalasnya Sebentar Lagi!