Melatih Kucing Membuang Kotoran




Kucing secara alami merupakan binatang yang bersih, dan bila kamu menyediakan tempat kotoran yang diletakkan di tempat yang tepat  jauh dari makanan, seekor kucing dewasa dengan cepat akan belajar menggunakannya.

Walaupun demikian, pada anak kucing , harus di biasakan dengan diajarkan untuk belajar menggunakannya.

Cara mudah melatih kucing membuang kotoran di tempat kotoran, khususnya anak kucing ialah:

  1. Kamu dapat melakukannya dengan membawa si anak kucing ke dalam tempat kotoran, disaat ia terlihat benar-benar ingin buang kotoran.
  2. Paling bagus lagi, meng antisipasi dia ketika  mau buang air besar, biasanya ketika bangun tidur di pagi hari atau setelah makan,
Jika anak kucing di latih untuk buang air besar di tempat kotorannya,dengan kamu angkat ke tempat kotorannya disaat bangun tidur dan setelah makan, maka anak kucing tersebut akan segera belajar untuk melakukannya sesuai petunjuk.

Cara mudah melatih kucing membuang kotoran di Toilet (lubang air di bawah lantai)
  1. Setiap bangun tidur, jika ada tanda-tanda dia ingin buang air besar, langsung angkat ke WC, taruh di dekat lubang air di bawah lantai, minta dia Pump disana.
  2. Pancing dengan disiram pantatnya dengan air.
  3. Awalnya dia pasti akan marah dibawa ke WC (Gudangnya air) hehehe.. tapi kalau sudah di biasakan, dia pasti akan terbiasa, seperti kucing-kucingku dirumah, nyut-nyut BABnya di Toilet, anabel dan necing juga tatam juga di lubang air lantai WC.
Mereka dibiasakan dari kecil, hingga besar mereka terlatih untuk buang air di toilet, dan rumah kita bersih juga, bisa gunakan sarung tangan untuk membersihkannya.

Jangan lupa, disaat kucing-kucingmu membuang air besar, langsung bersihkan bisa dengan air jika di toilet, atau gunakan pasir rasa buah khusus di jual di Pet shop. dan gunakan penyedoknya, buang gumpalan-gumpalan di dalam pasirnya.

Buang di tempat yang lingkungan dalam rumahmu tidak tercium baunya, dan jangan lupa cuci tangan dengan sabun ya Dear :)

Baca juga : Bikin Kucing Bahagia Membuang Kotoran

Comments

  1. hahaha..

    aduh lucu banget.
    aku pengalaman membesarkan kucing liar dari baby. sejak keluar dr rahim ibunya.

    anaknya cuma 1. *aneh..
    biasanya kan sampe 3 - 6 yah.

    1 hal.. dia kucing yang sangat aku sayangi.
    namun dia hilang karena orang tua ku membawanya pergi pindah rumah.
    ketika mengunjungi rumah ortu ku tanya dimana
    Felix. "Felix" nama kucing ku.
    ortu ku bilang dia hilang ga pernah kembali.

    tau hal itu.. aku bahkan sampai nangis.

    bayangkan felix ku urusi sejak lahir
    ku mandikan, ku kasih makan, ku berikan susu,
    ku ajak main di kebun, lari - larian di ngejar-ngejar aku, kadang kaki ku digigitnya klo dia lapar tp aku telat kasih makan, yang selalu nyambut aku tiap ku pulang sekolah..
    yang selalu datang tiap ku panggil Felix..

    sampai sekarang tiap lihat kucing selalu inget felix... sedih jadinya.

    mungkin dia skarang sudah meninggal.
    dah 6 tahun berlalu.

    hahaha, maaf ya jd curhat..
    cuma pgen berbagi aja sesama pecinta kucing :)

    ReplyDelete
  2. so sweet ceritanya Nina^^ gak apa-apa, boleh banget curhat, sesama pencinta kucing harus saling support ya..

    semoga felix bahagia.. tapi pasti felix bahagia, karena pernah bisa ketemu sama temen baik sepertimu;)

    biar gak sedih lagi, sayangin aja lagi kucing-kucing di jalan, atau beli di petshop, dijadikan temen penghibur, nemenin segala hal.. semangat ya Nina.. alwyas loving cat ya dear^_^

    makasih udah berkunjung ke website ini.. dan buat komen manisnya..^^

    ReplyDelete
  3. aku juga pernah melihara kucing liar yg tinggal di sebuah kantor depan rumah ku..tiap malam aku memberi nya makan, krn siang hari dia selalu dapat makanan dari pegawai kantor yang bekerja disana..suatu ketika kucing itu punya anak dua ekor cantik dan gendut,tapi sayang yang satu mati. Anak nya yg tinggal satu lagi ku urus dan kupelihara,tiap hari ku kasih makan dan kuajak bermain. Sampai suatu saat dia menghilang entah kemana,aku sangat sedih karena dia sedang lucu lucu nya..Ooh Eva kucing putih cantik ku,aku sangat merindukan nya..

    ReplyDelete
  4. wahh.. cerita yang mengharukan dear!, sip banget.. kalau kita sayang sama kucing, mau itu kucing yang di jual di pet shop, atau yang lebih mantap lagi, kamu bisa nyayangin kucing di jalanan, 4 jempol deh aku kasih buat kamu, hehehe.. karena the best ever, cuman orang-orang yang tulus aja, yang mau memperhatikan mereka, sip banget Ricka^^

    Eva, kucing putihmu pasti punya kenangan indah bersamamu, dan pasti dia juga sangat merindukanmu..^^ tetap semangat ya^^

    makasih buat komen dan cerita manisnya yah^^ aku senang membacanya:)

    ReplyDelete
  5. makasih juga udah mau membaca cerita ku..ya aku memang sangat menyayangi kucing sejak kecil hingga kini usia ku udah 26 th. Rasa nya tak bisa hidup tanpa kucing. Mau itu kucing rumahan atau kucing liar dijalanan atau dipasar skalipun tetap aja lucu dan imut buat ku..
    Eva hanya satu dari sekian banyak kucing yang pernah jadi sahabat lucu ku..
    Sebelu nya aku pernah punya kucing cowok namanya Bam..karena badan nya yang tambun dan pipi nya yg tembem..Bam berwarna kuning putih dan bulu nya lembut bgt..kerjaan nya cuma makan dan tidur tp aku sangat sayang padanya krn dia lucu..sayang menjelang ABG Bam meninggal krn makan ikan yg dikasih kakak ku,krn Bam tidak bisa makan ikan yg ada tulang nya..tulang ikan itu nyangkut ditenggorokkan nya..Aaah klo ingat itu aku jd sedih lg..sekarang aku punya banyak kucing dirumah..dan lucunya smua adalah kucing jalanan yg tak terurus. Ku pelihara dan kubersihkan..
    *maaf ya jd curhat lagi deh..*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip banget.. Ya Gak Apa-apa.. mau udah tua pun, namanya sayang sama kucing, teruslah seperti itu ya dear.. karena kucing tidak meminta lebih kepada kita, hanya makan dan tempat tinggal.. Sayangi dia, dia bisa menjadi amal jariyahmu di AKhirat kelak.. dan kucing juga bikin hati kita bahagia, disaat rutinitas bikin kita lelah.. ,,

      Pasti lucu sekali.. Bam yang manis, dan tembem, dia pasti suka punya majikan seperti Rizka, sayang dia apa adanya.. ^^

      Wah senengnya, tahu kalau ada anak kucing jalanan di pelihara, dua jempol.. dimanapun mereka berasal, mereka adalah kucing yang bisa bikin kita seneng , jadi terus menyanyangi mereka dear^^

      Delete
  6. wah..saya juga ada anak kucing namun utuk buang air di toiletnya bagaimana? apa harus diletakkan di closet-nya? apa di lubang? ciri-cirinya mau buang air seperti apa?
    thx ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau di lubang wc yang biasa, takutnya, malah dia yang kecebur, karena kurang terbiasa dengan tingginya, nih bisa diliat disini artikelnya, ada di facebook fanspage Lovely cat (fanspage penyayang kucing yang aku buat) yang lupa like ya,hehe...

      https://www.facebook.com/photo.php?fbid=459941990711763&set=pb.449863518386277.-2207520000.1363836923&type=3&theater

      disitu, ada penjelasannya..

      btw kalau mau yang sederhana, ajarkan dia dari kecil.., biasa khan habis makan/ kalau terlihat dia mau BAB,langsung bawa ke kamar mandi, dan taruh dia agak lama di WC, lalu minta dia duduk di bulatan air pembuangan di lantai, disitu lebih mudah dia membuang kotorannya... semangat ya buat ngajarin! semangat! semangat!

      Delete
    2. Penjelasannya: Gambarnya bisa diliat di photo lovely cat Facebook tahun 2012, album jajaran ke 25 langkah. (semoga menemukan^^)

      Cara Praktis lainnya, jika kamu mengajarinya di Toilet Kamar mandi, Pada hari pertama mengajar menempatkan kotak sampah atau baskom dengan isi di dekat pan WC. Gunakan isi baskomnya dengan bahan-bahan yang tidak membuat kucing anda terkena infeksi cacing, (mungkin isinya buatan yang telah Anda beli di toko, serbuk gergaji, pasir, lembaran kertas dan sebagainya).

      Pada hari kedua, taruhlah beberapa majalah atau koran yang tidak lebih dua sentimeter tingginya di atas lantai bawah kotak sampah atau baskom. Jadi, kucing akan harus memanjat lebih tinggi dari hari pertama

      Pada hari ketiga, kelima dan ketujuh tambahkan 1-2 cm dari majalah dan pada hari ketiga belas, tingkat toilet kucing dan tingkat WC pan akan menjadi sama.

      Kecepatan tumbuh konstan seperti toilet kucing tergantung pada usia dan berat badan kucing, dan sebagainya. Kasus ini adalah kucing yang akan harus melompat lebih tinggi dan lebih tinggi setiap harinya dan kucing suka melompat.

      Ingat bahwa anak kucing kecil bisa melompat tidak begitu tinggi, sehingga, jangan terburu-buru, tapi jangan lupa bahwa toilet harus berdiri teguh dan menjadi bersih. Namun jika kucing Anda bosan, jangan dipaksakan, pelan-pelan saja, mengajarinya :)

      Hal ini diperlukan, karena kucing harus bisa mengulangi prosedur tersebut untuk beberapa kali dan memilih kesesuaian situasi itu sendiri yang ia suka. Jangan terburu-buru dan menontonlah dia dengan penuh perhatian setelah perilaku kucing Anda. Dan, secara umum, bersabar. Kebanyakan kucing belajar bagaimana untuk duduk di tepi kursi hanya setelah beberapa hari.

      Hal utama adalah tidak mengganggu kucing dan untuk membuat suara ketika ia sedang berkonsentrasi membuang kotoran.

      Jadi, sekarang Anda tidak perlu cemas jika kotak kotoran kucing yang terpisah di rumah Anda. Karena anda, hanya menekan tombol untuk membersihkan di toilet saja. Sekarang Anda tidak perlu untuk membersihkan kotak dan hal yang paling menyenangkan yang tidak ada bau di rumah Anda!

      selamat mencoba dan mengajari ya :)

      Delete
  7. Hai buat semua pecinta kucing. Mencintai kucing sama dengan mencintai nabi Muhammad SAW. So beruntung kalo teman2 mencintai kucing. Iya gw mau tanya sama seperti pertanyaan hana, ciri2 kalo kucing mau Pump itu seperti apa? N bisa gak di latihnya jangan di toilet wc? Akan tetapi di pasir depan rumahku? Thx all , Mhn reply ya....
    Slm sukses

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai juga ungkY^ seneng deh tahu ada cowok yang suka sama kucing.. keren pisan, hehe... amin:=)

      yup bisa.. ciri-ciri kucing mau Pump:
      1. Kucing tentu saja suka mencari tempat membuang kotoran yang diujung-ujung sudut, tidak terlihat dan tidak terganggu oleg siapapun.
      2. Kucing pasti menggerakkan tangannya dengan cepat dan banyak di sekitar tempat dia ingin membuang kotoran
      3. Kucing akan menaikkan pantatnya ke belakang, dan membuat kakinya mengangkak.

      Biasanya seperti itu ciri-cirinya :=)

      Bisa banget, kalau dipasir depan rumah, malah lebih bagus dan praktis, tapi usahakan kucing tersebut jangan terlalu banyak kontak langsung dengan kita/keluarga kita, usahakan dia diluar rumah saja, karena cacing-cacing yang ada di dalam pasir biasanya berkembang cepat, jadi tetap sayangi kucingmu, dan sayangi dirimu dan keluarga juga:)

      dan jangan lupa selalu mencuci tangan sebelum makan setelah memegang kucing kesayangan kita^_^ sama-sma makasih juga ya buat komen manisnya.. menyemangati !!

      Delete
  8. nina,,,aku baca posting mu sampe nangis...jadi ingat brandy kucingku dl.dr bayi aku yg ngrawat,ngajak maen,kasi makan dia kl dia ngambek gigit kakiku,tiap aku sedih aku curhat ke dia,tiap aku sekeluarga pergi dia slalu nggu diatas pagar,kalo tidur siang pasti tdr diatas atap mobil..saat kamis tgl 22 oktober 2009 mlm,sama mamaku brandy disuruh tdr diluar,pdhl aku tau brandy g mau tdr diluar waktu itu..dan saat aku tdr,aku agak sadar brandy meong2 seperti mnta tolong..jum'at pagi sblm aku berangkat ke sekolah aku manggil2 brandy di teras.dan aku liat bapakq bawa cangkul,karena penasaran aku ikuti bapakq.g taunya brandy ud meninggal dg posisi tidur seperti kebiasaan dia..sampai saat ini kadang brandy nemuin aku lewat mimpi...
    maaf y curhat...

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak apa-apa rita, boleh banget curhat disini, seneng membaca tulisan para pencinta kucing, kalian terbaik, pahlawan dan Love banget!, semoga Allah membuat hidup kalian bahagiaaaaa semuaaa... amin^^

      Brandy pasti bahagia pernah punya teman sepertimu Rita, sangat baik, dan perhatian... semangat ya.. Big Hug for You!

      Delete
  9. @Rizka: Wahhh keren banget, aku suka dengan gayamu, hehehe... bener, kucing jalanan itu kalau di rawat baik2 juga akan terlihat manis, manja dan malah setia banget, persis dengan ceritamu.. gak apa2 lagi curhat.. karena dengan membaca tulisanmu, dan teman2 disini, jadi senyum2, terharu dan semangat buat terus sayang sama kucing.. meski diluar sana, kadang orang2 kurang respek dengan keberadaan kucing, kita harus selalu ada buat mereka...^^ Love banget cerita kamu Rizka.. tetap semangat ya, salam kenal buat kucing-kucingmuuu yang luchuuu.. cium deehh juga,hehehe

    ReplyDelete
  10. T.T aku pnya kucing kecil
    Ku ngajarin dia buat pup di wc...
    Tpi tetep aj susah ....
    Hiks hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terus berusaha.. Caranya, kunci WCnya, trus minta dia pipis disana, siram ekornya untuk menstimulasi biar cepat pipis, hehe (bahasanya, hehe.. ) pokoknya terus berusaha, anak kucing kecil emang butuh kebiasaan, kalau udah terbiasa, dia pasti nurut dan pinteerrr ^^

      Delete
  11. Aku melihara anak singa di rumah. Gimana ngajarin nya pup di wc. Apa sama dengan ngajarin anak kucing?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, belum pernah melihara anak singa :D, tapi patut dicoba, karena singa dan kucing khan hampir sama spesiesnya.. hanya ukurannya dan keliarannya saja yang berbeda :) Semga sukses melatih anak singanya, btw jangan lupa cerita2 tentang hasilnya ya, hehe..

      Delete
  12. setelah baca cuhatan teman sekalian jadi inget ma kucing saya..

    dulu saya pernah punya seekor kucing betina biasa si panggila Safa , dulu Safa suka main kerumah ku dan kurus terus dia . 4 bulan kemudian ia ngelahirih di rumah saya, anak nya 3 namun sayang diantara mereka ada yg mati 2 ekor.. jadi kucing ku tinggal 2 Safa dan anak nya.. kuberi nama anaknya Sizhuku , hhe namnya agak kejepangan karena matanya sipit.. setelah saya urus mereka, bermain bersama , tidur bersama, 1 bulan kemudian safa hamil lagi senang nya saya melihat dia hamil lagi dipikiranku berarti saya bakaln punya bnyak kucing nih.. namun na'as pada waktu itu Safa yg sedang hamil 2bulan menghilang selama seminggu bgtu kangen nungguin Safa pulang .. sampai saat itu saya pulang kuliah pda siang hari saya bertemu safa yg lama tak jumpa, ia sedang Sekarat ,Hati ini tersa sedih mlihat Safa yg sekarat , terus saya bwa pulang dia.. sambil bersedih.. keesokanya ia mati.. dan saat itu saya mencari tahu penyebab ia mati , dan akhirnya saya mengtahui apa penyebabnya.. dan penyebabnya ialah pada saat ia ngelahirin anak nya Safa memakan anaknya yg baru ia lahirkan dirumah orang namun pada saat ia memakan anaknya ia kepergok ama warga sekitar reflek saja warga sekitar langsung membabi buta menyiksa dan di lemparin batu kepda Safa yg masih lemas baru ngelahirin.. mengetahui itu persaan saya hancur sekali..
    setelah kematiaanya yg tersisa hanya sizhuku kini kuurus dia sendiri, biasanya dia diurrus ama induknya, shizuku pun berubah sifatnya menjadi penyendiri,pendiam dll.. dia menjadi semakin tak ter urus karena biasanya ada yg menyusuinya.. sekitar 1 bulan kemudian shizuku menglami sakit pada perutnya dan ia pun ikut mnyusul induknya ia mati karena keracunan makanan .... sedih bnget melihat kucing yg sudah menjadi keluarga harus Mati..
    setelah kemtianya saya sering mimpiin mereka walaupun mereka kucing liar namun mereka ku anggap keluarga ku sendiri..
    dan sekarang tidak punya kucing lagi.. tidak ada yg bisa menggantikan mereka berdua..
    dan kini aku sedang mencari kucing yg sedarah dengan Safa... karena Safa waktu dulu pernah punya anak jantan sebelum aku pelihara Safa,,, dan kini aku terus mencari nya hhehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi sedih baca cerita Safa..:( pasti ada sesuatu yang bikin Safa memakan anaknya, apakah Safa saat melahirkan masih muda? atau karena Safa , suka trauma dengan sesuatu yang beda, seperti anak yang dilahirkannya?, ataukah Safa memang kurang bergaul dengan anak kucing, hingga dia benci dengan sejenis anak kucing? atau apakah Safa dalam sehari sudah makan? ataukah anaknya adalah berbulu 3 warna dengan jenis kelamin jantan?.

      Tapi terlepas dari itu, yang bikin menyedihkan itu adalah orang-orang yang memukuli dia sampai mati. Harusnya tidak begitu. Safa saat memakan anaknya mungkin ada naluri lain yang bikin dia berbuat seperti itu, dia tidak memiliki akal. Apakah naluri karena lapar?,dan sebagainya.

      Namun, kalau Orang-orang yang memukulnya itu khan punya akal, kenapa harus samapi mati, dia hanya seekor kucing bukan pejahat kelas kakap.. Kalau memang ingin menjauhkan dia untuk tidak memakan anaknya, ambillah sebilah kayu, dan usirlah,jikalaupun tidak mempan, bisa dipake dengan menyiram air terus-terusan ke kepala dan badannya. Dia pasti akan melepaskan cengkramannya ke anaknya dan akan kabur.

      sangat disayangkan, orang-orang lebih senang mengambil cara mudah dibanding cara menyelamatkan mahkluk hidup lainnya. :( sedih rasanya.

      Semoga Safa disana tenang.. karena dia udah ketemu sama anak-anaknya, dan mungkin sizhuku juga sedih gak ada mamanya, makanya dia pengen ikut sama mamanya.. Sabar ya dear, nanti akan di ganti dengan kucing yang lainnya, yang baik juga sayang sama pemiliknya.

      Aku doain biar kamu bisa dapat pengganti Safa yang lebih baik, dan bisa bikin kamu seneng dirumah, jadi tetap semangat buat nyanyangin kucing dimanapun kamu berada..:)

      Delete
    2. Itu anak kucing yg dimakan induknya karena jantan belang 3, selapar2nya kucing gak akan makan anaknya. Saya pernah mengalaminya sendiri, pada waktu itu kucing saya melahirkan 4 ekor anak, jantan belang 3 2 ekor, jantan hitam putih 1 dan 1 kuning putih betina. Waktu itu saya lupa memisahkanya, 1 jam kemudian saya lihat dan ternyata....? si induk sedang memakan anaknya, buru2 saya ambil tapi malang si anak kucing tinggal kepalanya saja lalu saya kuburkan, dan yg belang 1 lagi udah habis dimakan sebelumnya tanpa sisa...
      >> menutut cerita orang2 tua kucing jantan belang 3 mempunyai kelebihan yg tidak dimiliki kucing biasa dan kelak dewasa akan membunuh kucing2 jantan yg lain bahkan bapaknya sendiri.
      >> menurut ilmu biologi kucing jantan belang 3 mandul tidak akan punya keturunan.

      √ mungkin karena alasan itu kenapa anak kucing belang 3 dimakan ma induk ato bapaknya sendiri.. ya demi menjaga keturunan dan menjalankan rantai makanan..

      Delete
  13. Cnyimak smua komentar'y jadi terharu euy :'(.
    Salut buat kalian pecinta kucing sejati.
    Salam kenal aja yahh ;).
    Soal'y sya baru 1 ngadopsi anak kucing, jd blm punya cerita :D.
    Salut juga buat yg posting, telaten dgn menjawab smua pengunjung...

    ReplyDelete
    Replies
    1. :) terimakasih erwin.,.semoga Blog sederhana ini bisa bermanfaat buat teman2 yang disayangi Allah, karena menyayangi Kucing-kucing, terlebih lagi kucing-kucing jalanan.. semoga keberkahan berada di hidup kalian..amin.. ^_^

      Delete
  14. Pernah ngga kalian punya kucing kalo dia pup ada cacingnya ? Itu kenapa ya, soalnya rikha baru liat kucing rikha kalo pup ada cacingnya. Mohon bantuannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. berarti kucingmu terinfeksi cacing, biasanya cacing yang sering melanda kucing adalah cacing pita, agak panjang berbentuk putih. Jangan panik ya dear..:) Obati dengan Obat cacing yang biasa di jual di apotik, bisa combantrin, sebaiknya yang tablet, lebih enak di bagi dosisnya, disesuaikan dengan umur kucingnya. kalau masih balita dosis tabletnya 1/8, remaja 1/4, dan dewasa 1/2...

      Delete
    2. sebagai pengobatan pertama, jauhkan kucing dari kucing lainnya, agar dia tidak terinfeksi cacing.. jangan dekatkan dengan pasir dan tanah karena biasanya ccing terinfeksi dari situ.. jadi teruslah pantau dan sterilkan tempatnya ditempat yang hangat, selama dalam pengobatan.. moga cepat sembuh kucingnya ya dear..

      Delete
  15. Untuk Rikha, cacing itu Toxocara cati, itu sejenis cacing perut tapi khusus adanya di kucing. Memang ada yg seperti itu, mungkin bisa jadi kalo kucing main-main di tanah, termakan tanah yang ada telur cacingnya. Cacing ini bisa menginfeksi manusia juga, lho. Jadi kudu jaga kebersihan juga lah jangan sampai cacing itu masuk ke tubuh kita juga. Biasanya sih kalo di pup kucing itu yang dijumpai telur cacing. Telur ini masuk ke tubuh manusia lewat mulut entah karena tangan yang nggak dicuci bersih terus bisa tumbuh besar di usus kita dan bikin cacingan gitu.

    By the way, saya Reza, salam kenal semuanya. Saya juga pernah pelihara kucing, hehe. Ada kucing liar depan rumah yang melahirkan dan anak-anaknya ada 4 ekor, semuanya kuculik dan kupelihara. Tapi cuma bertahan sebulan aja sih. Soalnya kasihan. Kesibukan di kampus membuat saya nggak bisa merawat kucingnya dengan maksimal, akhirnya saya lepas aja balik ke alam liar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih buat komentarnya Reza..:) salam kenal ya.. senang baca ceritamu.. hehe.. kucingnya diculik dan dipelihara ^_* sip banget.. semoga Tuhan membalaskan semua kebaikan hatimu yahh.. Gak apa-apa yang penting niatnya khan.. dia pasti akan menemui di akhirat kelak, untuk membalas semua jasa2 kebaikanmu, meski sedikit, setiap yang bernyawa khan ada pahalanya..^^ semoga sukses dengan aktivitasnya ya..:) dan jangan lupa selalu berbuat baik dengan kucing jalanan di mana saja..

      Delete
  16. kucing q blm bisa buang kotoran pd tempatnya. . .

    ReplyDelete
  17. @herman: dibiasakan aja,pelan-pelan aja di ajarin biar dia terbiasa.. sukses ya..

    ReplyDelete
  18. baca post ini dua minggu yg lalu, langsung saya ujicoba
    berharap si-prengus bs pup di kloset kamar mandi
    dan hari ini fenomena mengejutkan terjadi
    pulang kerja saya liat ada yg mengapung di bak mandi
    OMG... bulet-bulet-item-kecoklatan
    si-prengus yg genius apa saya yg terlalu ambisius
    berharap hal yg berlebih dari seekor kucing :(

    ReplyDelete
  19. loh kok bisa nyemplung ke bak mandi? hehehe...

    Mungkin belum ada "Tanda peringatan" dari kita agar menjauhi hal-hal yang tidak boleh di lakukan.

    Misalnya, minum di bak mandi atau melakukan Pump disana, caranya biasakan ketika dia mendekati bak mandi, langsung semprot dia dengan air, Lalu bilang dengan jelas, "Tidak Boleh!, Jangan disitu"

    Begitu terus ulang dan biasakan. Jadi dia tahu kesalahan dia dimana, biasanya kucing akan mengikuti apa kemauan dari pemeliharanya, jika ia sudah dilatih terus-terusan.

    Kalau masalahnya seperti itu, coba biasakan di lubang air di lantai toilet. Minta dia Pump disana, caranya:

    1. Kunci kamar mandi, lalu siram bagian belakangnya dengan air, agar mau pump atau buang air kecil.
    2. Kalau dia malah gak mau pump, jangan dipaksa juga, tunggu disaat bagun tidur di pagi dan habis makan, biasanya itu awal tanda-tanda dia mau membuang kotoran.
    3. setelah dia terlihat ingin membuang kotoran, langsung angkat ke Toilet, dan taruh dan jaga posisi duduk dia di lubang toilet di lantai WC, biar dia PUM dan buang air kecil disana.

    Intinya kebiasaan melatih kucing untuk membuang kotoran di Toilet memang terlihat mudah, padahal Susah-susah gampang. Susah dikarenakan kita harus memasukkan "ingin kita" ke pikiran si kucing biar nurut.

    biasanya, caranya dengan membiasakan dari kecil saat kita merawatnya, tiap hari, dan tiap kali dia mau Pump. Tapi kalau ternyata kita mengadopsinya setelah dia dewasa/ remaja, berarti kita butuh tenaga extra untuk melatihnya.

    dengan kesabaran dan ketelatenan, jangan terlihat memaksa, tetapi dengan kasih sayang melatihnya. Jika memang hari ini belum bisa, coba lagi besok, besoknya dan besoknya sampai dia benar-benar bisa membuang kotoran sendiri di lubang lantai di toilet. Jangan sampai kita yang menyerah. Insya Allah , kucing yang kita latih, pasti akan terbiasa dengan "ingin" kita.

    tetap usaha ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gampang karena kalau kucing kita udah nurut.. wahh segalanya akan terlihat mudah.. Mau Pump.. tinggal buka aja toilet anytime.. kapan aja, si manis pasti melenggang masuk dengan santainya, hehe..

      *tinggal nanti kita siram aja, lubang lantai di toilet kita.. :)

      Delete
  20. Kalo kucing saya d ajarin buang air besar d lobang wc malah kepalanya aj yg masuk2 lobang.. klo pipis baru dia bisa d lobang.. boros bngt pake pasir harum...

    ReplyDelete
  21. teteepp semangat ngajarinnya :) *di lobang pembuangan Air di lantai WC jg bagus dan efektif :)

    ReplyDelete
  22. saya punya kucing baru umur 3 bulan. Sudah bisa pup di pasir, tapi saya dan ibu saya mau ngajarin kucing itu pup di lubang wc. Setiap dia mau pipis selalu tepat di wc. Tapi klo mau pup dia ga di wc, selalu aja pup di lantai kamar mandi. Gimana ya mbak supaya kucing saya mau pup di wc? Padahal klo pipis dia sudah benar, tapi kenapa klo pup salah terus?

    ReplyDelete
  23. @rahmah: dibiasakan aja, dia sudah pinter kucingnya mau buang air kecil di lubang WC, jadi diulang-ulang aja, misalnya saat dia habis makan, sekitar 20 sampai 30 menit perhatikan dia, kalau kucingnya sepertinya mau pump, langsung cepat2 bawa ke lubang WC, tutup pintu WCnya, dan minta dia Pump disana, berulang-ulang, hari ini dilakuin, besok, dan besoknya lagi, coba praktekkan itu selama sebulan.. dan coba lihat apakah dia sudah mulai terlatih untuk buang air besar di WC.. semoga sukses ya..:)

    ReplyDelete
  24. aku punya kucing perempuan di rumah,,
    kucing tersebut sebelum melahirkan masih dalam masa kehamilan masih sehat walafita,
    namun setelah kucing tersebut habis melahirkan dia mengalami kebutaan, kedua matanya menjadi bening, pupil matanya sudah tak ada lagi,,
    apa ini penyakit langka pada hewan(kucing),

    apa yg bisa saya perbuat pada kucing tersebut, sedangkan di kota saya tinggal (gorontalo) tak ada dokter hewan...

    ReplyDelete
  25. Mba gmn dgn kucing hutan??
    Apa kh jg bisa di ajari bab di pasir atau toilet..
    Kalo bisa gmn cara nya..
    Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kurang tahu.. karena saya belum pernah melihara kucing hutan.. tapi bia dicoba.. tips-tipsnya diatas.. pelan2 tapi terus menerus.. nanti kucingnya pasti terbiasa^^ selamat mencoba ya^

      Delete
  26. Mbak sya kn pnya kucing persia,dia itu plibg benci mandi,nah waktu sya praktekin cara yg mbak ksih tau di kmar mandi yg sama,dia lngsung lari kya trauma gtu,jdinya gmna donk buat ngelatih dia.Solusinya dong mbak,apa harus kmar mandinya berbeda antara mandi dngn pup??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua kucing biasanya takut sama air.. jadi jangan disiram dulu dianya sebelum pup atau buang air kecil.. masukan saja dia didalam kamar mandi setelah dia beberapa menit habis makan pagi dan sore.. nah kitanya juga ikut didalam kamar mandi itu.. liatin dia pup.. dipancing aja...biar dia mau pup..misalnya dgn nyiram air di bagian belakangnya.. pintu kamar mandi.. pastikan tertutup.. biar dia gak kabur.. dan dianya diceritain juga.. sambil cerita sprti sama manusia.. ajak ngobrol dgn lemah lembut secara membujuk.. biasanya dia mau kok.. coba aja ya dulu dear.. kalau udah dicoba.. bagi-bagi ya ceritanya^^

      Delete
  27. Aku juga baru punya kitten nih, masih rada bingung.. Kalo malem dikurunh dia meong-meong minta keluar, mau nya tidur sama aku.. Aku takut kalo ketiduran dia pup sembarangan.. Jadinya mesti begadang deh.

    Oiya kak, rekomendasikan pasir kucing wangi yg ekonomis dong.. Aku tinggal di JakBar dekat Puri Indah hehe makasih ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gimana kabar kucing kecilnya? Udah gede pasti..hehehe.. yah saya kurang tahu dear.. soalnya saya tinggal di luar pulau jawa...coba aja googling atau masuk ke grup pencinta kucing di berbagai forum diskusi dunia maya kaya kopimaya.com, lautan indonesia dan kaskus atau khusus pencinta kucing...biasanya ada yg bagi2 informasi nya tentang menjual pasir wangi buat kucing.. sama2 ya.. udah mampir dan meninggalkan jejak di blog ini.. semoga bermanfaat^^

      Delete
  28. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  29. ka kucing aq nma na ruri umur na bru 2 bln tapi kmren dy dipukul sama org dan gak bs bngun ngak mau bab td na ga nfsu mkan tapi aq suapin aq hrus gimana krn dy anak na aktif tp skrg dh 2 hri berbaring tdur aja..plisss bantuin aq

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak knight chikara lebih baik kakak bawa kedokter hewan biar kakak tau luka karna dipukul parah/tidak soalnya saya punya kucing g dibwa ke doter cuman dikompres sma air hangat tp hewan saya bagian punggungnya jdi bengkok n sedkt kesulitan berjln jdi menurut saya mendingan kakak tnya sama yg ahlinya(dokter hewan) dari pada akhirnya kakak menyesal.

      Delete
    2. Bener banget saran dari mba dillyani..^_^ sangat membantu.. terima kasih ya mba.. semoga kucingnya sehat kembali ya mba chikara^^ pertolongan pertama sama kucing bisa diliat di blog ini juga.. misalnya dengan mengoleskan minyak tawon dan minyak batu di memar lukanya..^^ trus buat multivitaminnya biar mau makan.. kasih air gula merah setiap pagi dan sore..^^ semoga sembuhan kucingnya.. jgn lupa kasih makan daging ikan rebus saja setiap hari biar dia ada tenaganya..^

      Delete
  30. Cerita dikitboleh kali ya...
    Dari dlu sebenarny a kurang berani dengan binatang...
    Sejak pas kuliah ada kucing pemalas (kata adek saya) sebab kucing itu kerjaanny tidur dibangunkan cuma geser seidikit tidur lagi.Jadi teman tiap makan malam krn selalu datang walau a pindah ntah teras depan ato belakang rumah...

    Trus pas pindah rumah gak dibawa t kucing n baru2 tahun kemaren ad kucing liar,, jadi teman makan tengah malam juga n mau di elus. Cma tiba2 ilang n balik lagi krmh bawak 2 ekor anak kucing seminggu setelah itu mati. Anakny dirawat sampe yg 1 ilang tinggal satu. Anak kucing betina ini slalu menghindar pejantan yg berburu sampe naik ke tangga tukang yg mau bangun rumah,, mgnkin krn kami dekat ya jadi dy pas tidur diatas tangga jadi langsung turun dari tangga yg kira2 setinggi 170cm pendek dikit dari a. Terharu bener pas ada yang nyambut pulang. Semakin lama dy makin besar tapi kyakny belum siap nikah sampe dy pernah ngampiri a dari luar ngeong mengadu krn ad pejantan yang suka berburu. Cma akhirny dibuang krn bapak drmh gak tega ngeliat dy diburu dengan kucing cowo. Sampe ini a masih kebayang dy datangin klo duduk diteras.... eheheh

    Nah sebelum besar kira2 pertengahan tahun ini ada juga induk kucing yg nitipkan anakny 2 ekor lagi bis t gak pulang2.Yang satu diambil dengan teman krn anakny suka n yg satuny lagi dirawat. Emang gak terlalu akrab krn a lebih peduli dengan kucing sbelumny. Cuma heran kucing yang sekarang cma ngeong minta makan dielus gak mau digendong gak mau kayak takut. Sedih ngeliatny,, kyak yg ketakutan. Tapi masih dirawat,, ahahaha. Yg anak kucing yg tinggal satu ini cma mau ngelus Qt klo Qt yg ngelus dy menghindar.

    Btw gmn y kira2 nemuin kucing yg lama n jadiin kucing yg skerang gak takut.

    MAf panjang curhatny... eheheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh aja curhat disini.. senang juga membacanya.. mash banyak orang2 yang peduli dengan kucing2 jalanan.. menenangkan membacanya dan bisa ngasih motivasi juga inspirasi sama sesama pencinta kucing.. untuk menyayangi mereka dgn tulus..^^

      Cara buat nemuin kucing lama.. biasanya kita hunting2 aja.. perjalanan disekitar rumah yg kayanyanya kucing2 suka lewati.. siapa tahu nemu hehehe.. nah kalau ngebuat kucing yg baru gak takut.. diblog ini juga ada tipsnya buat nanganin kucing yg trauma maupun liar.. yg terpenting. . Jangan dipaksa kucingnya untuk mau dekat dan jinak sama kita.. pelan2 aja.. bikin dia terbiasa dgn kasih sayang kita.. misalnya setiap hari kasih makan atau setiap hari negur dia.. tapi jangan dipegang apalagi dikejar..hehe.. bakalan kabur kucingnya.. soanya dia gak kenal sama kita.. mirip kata pepatah.. tak kenal maka tak sayang.. itu juga berlaku ke kucing baru manapun.. ^ semoga sukses ya nemuin kucing lamanya dan bisa bersahabat baik dgn kucing yg baru.. jangan lupa bagi2 ceritanya disini lagi.. ^ makasih juga udah mau mampir..^^

      Delete
  31. saya pake toilet kucing sih di rumah, semacam litter box gitu hehe. makasih infonya!

    ReplyDelete
  32. Setahun yang lalu, saya mengadopsi kucing kampung cantik namanya puspus ... dia itu jarang sekali pup dan pee ... apa dia nahan ya ... karena saya sudah coba ajari dia untuk pup dan pee di pasir, dia belum terbiasa. Dia akan selalu minta keluar rumah untuk pup dan pee jauh dari rumah ... Saya takut dia dikawinkan kucing jantan, karena banyak sekali kucing jantan di sekitar rumah saya. Saat ini dia sedang punya baby 3 lucu-lucu, perempuan semua (saya sebut mereka lex trio ha..ha..ha..). Masih PR buat saya mengajarkan dia pup dan pee di pasir. PR yang lain adalah ngajarin anak-anaknya untuk pup dan pee di pasir... usia mereka baru 3 minggu dan belum mau makan keras jadi masih nyusu ibu ... ada ide ndak supaya pus pus itu mau mau pup dan pee di pasir. Kotak pasir sudah saya letakkan cukup jauh dari tempat makannya dan cukup terlindungi ... tapi dia sepertinya dia belum mau... jadi biasanya pagi hari sekitar jam 4 dia masih minta keluar untuk pup dan pee ... sedangkan malam kadang minta keluar kadang juga tidak ... lucunya saya sering berharap si puspus mau pup di bak pasir supaya dia bisa terhindar dari kucing-kucing jantan yang ganas itu. Ada ide ndak ya supaya puspus ku menyukai tempat pup dan pee nya? Pasir dan tempatnya sudah kuperkenalkan ke pus pus ku...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba dikandang kucingnya beserta anak-anaknya, coba perhatikan, setiap 30 menit setelah dia makan, dia pasti mau poop Dan pee.

      Beri selalu pasir yang bersih, kotak yang besar untuk keluarga kucing itu nyaman untuk pee Dan poop,

      Sebenarnya mudah saja, bikin kucing Untuk buang air Besar dan kecil di litter box, dengan Cara dilatih terus menerus hingga ia menjadi terbiasa.

      Semoga keluarga kucingnya bisa Sukses buang air besar dan Kecil di boxlitternya ya!

      Semangat!

      Delete

Post a Comment

Terima Kasih Sudah Meninggalkan Komentar, Aku Akan Membalasnya Sebentar Lagi!