Nutrisi kucing

Kucing-Kucingku  sedang minum air di ember :)

Seperti halnya semua binatang, yang memerlukan nutrisi yang baik buat tubuh, kucing juga memerlukan diet berupa keseimbangan nutrisi dalam makanannya.

Nutrisi yang di butuhkannya adalah berupa air, protein, lemak dan Karbohidrat.

Air
Inilah salah satu komponen terpenting untuk menyelamatkan hidup kucing, karena jika didalam tubuhnya ia mengalami kekurangan 10 persen saja air, maka akan berpengaruh kurang baik untuk kesehatannya. dan Jika 15 persen ia mengalami dehidrasi, maka akan berpengaruh buruk dan bisa menyebabkan kematian. 

Maka selalu sediakan air untuk ia minum, disamping tempat makannya.

Protein
Protein ada di dalam banyak hewan (protein Hewani) seperti Ikan, daging, maupun telur, sedangkan Protein Nabati) terdiri dari banyaknya tumbuh-tumbuhan. Jika kamu kreatif, kamu bisa memberi campuran potongan apel dan selada di dalam makanan kucingmu, caranya mudah, potong halus apel dan selada, lalu campurkan ke dalam makanannya, seperti makanan kucing yang berisi ikan rebus dan nasi, jangan lupa beri kuah ikannya, atau campurkan di makanan Ikan sarden whiskas. Sajikan dengan Nasi dan Biskuit whiskas, wah nyummy:)


Lemak

Kekurangan Lemak dalam diet menyebabkan kulit gatal-gatal yang mungkin menjadi kering dan terkelupas seperti ketombe, Lemak bisa ditemukan di minyak jagung (baik buat kucing)

Karbohidrat
Karbohidrat ada didalam tanaman dan termasuk gula tepung dan selulosa. Terdapat berbagai tipe gula, diantaranya sukrosa dan glukosa, dua dari gula paling sederhana dan lebih mudah di cerna. Susu sapi mengandung gula susu, Laktosa, namun banyak kucing dewasa ataupun anak kucing tidak dapat mencerna laktosa secara baik, maka belilah susu yang rendah laktosa di Pet shop ataupun Toko Swalayan. Untuk Kucing, salah satu sumber Karbohidrat paling bermanfaat adalah Nasi.

Mineral

Seperti binatang lain, kucing perlu mengkonsumsi banyak mineral berbeda untuk memastikan bahwa proses badannya berfungsi secara normal. Dua macam Mineral yang paling penting adalah kalsium dan fosfor untuk pembentukan dan pertumbuhan tulang dan gigi. Mineral berperan didalam pertumbuhan dan perbaikan jaringan badan seperti otot, ligamen, kulit dan rambut, pembentukan sel darah merah dan putih. 

Mineral dapat di temukan di tulang Ikan ataupun ayam, potong-potong tulangnya, di haluskan, lalu masukkan di dalam makanannya, pasti kucing tambah nikmat makannya.

Vitamin
Semua Vitamin baik, kecuali Vitamin C, karena kucing tidak memerlukan vitamin C didalam dietnya, malah tidak baik karena bisa menyebabkan kucing menjadi diare dan pencernaannya terganggu.

Beri dia vitamin B komplek, untuk daya tahan tubuhnya.
Memberi vitamin , juga harus ada aturan dan sesuai dosisnya, kalau kucing yang masih kecil, potong menjad 4 bagian, kalau kucing dewasa langsung satu vitamin B komplek bisa di makan. Lebih jelasnya, tanyakan dokter hewan untuk dosisnya :)

Jadi, Nutrisi yang seimbang dikarenakan nutrisi yang baik didalam makanan kucing, agar kucing kita selalu sehat.


Sumber Bacaan :  
 (The Cat Owner's Handbook) Buku pegangan bagi pemilik kucing, oleh Graham Meadows & Elsa Flint


Comments